apahabar.com
Komandan Distrik Militer (Kodim) 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto meninjau lokasi yang akan dijadikan sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Komandan Distrik Militer (Kodim) 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto meninjau lokasi yang akan dijadikan sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 109 di Desa Biih, Kecamatan Karang Intan, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (15/1) siang.

Peninjauan tersebut dilakukan bersama Pasi Ter Kodim 1006/MTP Kapten Inf Syafril Anwar, Danramil Karang Intan Kapten Inf Ramelan dan Kepala Desa Biih Abdul Malik. Peninjauan ini sekaligus berkomunikasi dengan warga soal rencana kegiatan dan sasaran TMMD tersebut.

Dandim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar dengan TNI-AD Melalui Kodim 1006/ Martapura kembali akan melaksanakan kerjasama Program Kerja TNI Manunggal Membangun Desa yang merupakan program dari TNI.

“TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini bertujuan untuk menyongsong kesejahteraan bagi kehidupan rakyat,” ucap Siswo Budiarto kepada apahabar.com di Martapura, Rabu.

Dandim mengungkapkan, Kegiatan ini meliputi sasaran fisik maupun nonfisik, sebagai salah satu wujud bakti TNI dengan segenap komponen bangsa lainnya secara terpadu maupun berkesinambungan, dalam upaya akselerasi pembangunan di daerah.

“Sasaran fisik seperti membuka jalan sepanjang 5 Kilometer yang diperkeras untuk menghubungkan tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Karang Intan, Astambul dan Mataraman. Jalan itu juga merupakan sarana jalan usaha tani, dimana pada bagian tertentu ada jembatan. Sedangkan untuk Non fisik sudah kita programkan, namun masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait,” ungkap Siswo.

Ia mengharapkan, dengan terwujudnya kerjasama dan koordinasi yang baik antara instansi di daerah serta partisipasi aktif masyarakat, dapat mendorong tercapainya TMMD yang berdaya guna dan berhasil guna.

Kehadiran orang nomor satu di Kodim Martapura di lokasi TMMD, mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat, mengingat tujuan mulia dan komitmennya dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kami menyambut baik pemerintah bersama TNI yang ingin membangun desa kami. Terutama Infrastruktur jalan yang sangat diperlukan sekali, terutama jalan usaha tani, Karena selain hasil pertanian, buah lokal pun turut menjadi satu – satunya penghasil,” tandas Kades Biih Abdul Malik.

Selama berdialog dengan warga, Dandim tampak tak segan untuk bercengkrama. Dia berbincang hangat dan tersenyum lepas, menunjukkan wujud kedekatan TNI dan rakyat yang tanpa batas.

Baca Juga: TNI AL di Kotabaru Kenang Kembali Pertempuran Laut Paling Heroik di Indonesia

Baca Juga: Diperiksa Polisi, Wartawan Banjarhits.id Dicecar Belasan Pertanyaan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif