apahabar.com
Bupati HSS, H. Achmad Fikry menyuapi Camat Daha Selatan, Nafarin pada Hari Jadi Kecamatan Daha Selatan ke-69. Foto-Humas Pemda HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Mengusung spirit dari rakyat untuk rakyat, puncak PERAYAAN Harjad ke-69 Kecamatan Daha Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berlangsung meriah.

Puncak perayaan digelar di halaman Stadion DR. H. M. Syafii, Rabu, (08/01).

Dengan tema “Gawi Bahimat Babarkat dan Salamat Dunia Akhirat”, perayaan itu ditujukan untuk masyarakat Daha Selatan.

Camat Daha Selatan, Nafarin, menyampaikan Harjad Daha Selatan ke-69 sebelumnya juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan, di antaranya jalan santai, pasar murah, lomba futsal antar perangkat desa, serta Car Free Sunday.

Hari ini juga dibuka stand-stand dari seluruh Desa se-Kecamatan Daha Selatan yang menyediakan berbagai macam kuliner seperti bingka kentang, bingka nangka, pais, dadar gulung, kakulih, patah dan beberapa jenis kue lainnya.

“Diperkirakan jumlah kue yang tersedia sampai 10 ribuan,” ujar Nafarin.

Bertepatan dengan Harjad ini, Bupati HSS, H. Achmad Fikry bersama Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad beserta istri meresmikan Ruang Terbuka Hijau dan Taman Bermain Bersahaja Daha Selatan.

Saat itu dilakukan penandatangan prasasti oleh H. Achmad Fikry untuk pembangunan dua proyek tersebut.

Pada kesempatan itu, Achmad Fikry menyampaikan apresiasinya kepada aplikasi “Siputra Desa”. Melalui aplikasi itu aplikasi, pelayanan terhadap masyarakat dalam urusan administrasi desa dapat lebih efisien, mudah dan lancar.

“Ini adalah sebuah Inovasi yang sangat membanggakan, sehingga ke depannya kecamatan dan desa bisa tertib administrasi serta lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Pada akhir acara, dilakukan pemotongan tumpeng syukuran hari jadi sekaligus acara penyerahan bingkisan peralatan sekolah bagi anak-anak asuh GNOTA di seluruh desa Kecamatan Daha Selatan.

Bingkisan diserahkan langsung oleh Ketua GNOTA HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry.

Kemudian ada juga penandatanganan komitmen bersama seluruh desa kecamatan Daha Selatan dalam menggunakan aplikasi pelayanan publik “SiPutraDesa” dan SIP PKK serta penyerahan piagam penghargaan kepada desa yang terbaik dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Peringatan hari jadi wilayah yang dahulu sempat menjadi pusat pemerintahan kerajaan Nagara Dipa dihadiri oleh Sekretaris Daerah HSS, H. Muhammad Noor, anggota DPRD Dapil 3, pimpinan Bank Kalsel, Kepala OPD, Forkopimda, kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat se Kecamatan Daha Selatan.

Baca Juga: HUT Kecamatan Kalumpang, Fikry Beri Banyak Bantuan dan Hadiah

Baca Juga: Achmad Fikry : Agama dan Negara Harus Saling Menguatkan

apahabar.com
Foto-Humas Pemda HSS

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela