apahabar.com
 Festival Durian bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Kiram Park, Sabtu (18/1) siang.Foto - apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Kementerian Pertanian menghadiahi Kalsel anggaran guna mengembangkan 100 hektar lahan, khusus menanam durian juara dalam kontes durian.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalsel mengadakan festival makan durian dan kontes durian untuk seluruh kabupaten/kota tiap tahunnya.

“Ini program kedua, mulai dari 2019. Dulu durian yang kita persiapkan kemarin 12 ribu tapi habis dalam 10 menit,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman kepada apahabar.com, Sabtu (18/1) siang.

Kemudian, lanjutnya, di tahun ini pihaknya melakukan festival durian dengan menyiapkan 43 ribu durian.

“Dan Alhamdulillah lebih dari 2 jam masih bisa bertahan sehingga masyarakat bisa merasakan semua,” paparnya.

Dari festival ini, muncullah durian-durian juara, yang nantinya akan dikembangkan dan diperbanyak.

“Kita coba lagi kedepannya diperbanyak durian yang juara, karena kita dapat anggaran dari Kementerian Pertanian, kita akan kembangkan 100 hektar, tapi khusus yang durian juara 1,” ungkapnya.

Meski tak disebutkan berapa anggaran dan lokasi lahannya, namun yang jelas selain untuk meningkatkan ekonomi petani, Pemprov Kalsel juga mempersiapkan durian lokal go internasional.

“Ini juga untuk membantu sektor pertanian, membantu petani, agar tidak hanya mereka menanam padi tapi juga dapat menanam durian sehingga membantu penghasilan mereka menjadi lebih meningkat,” paparnya.

apahabar.com
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Ir Syamsir Rahman. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

Dia menilai, durian lokal punya potensi mampu bersaing dengan durian luar negeri.

“Durian mereka dari segi tebalnya saja, sedangkan dari segi aroma mereka kalah dengan kita, dari segi rasa manis punya kita,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, penilaian ini berdasarkan komentar dari kementrian pertanian negara luar negeri.

Untuk itu, pemprov Kalsel akan secara rutin mengadakan festival durian. “Untuk menjaring durian juara. Ini akan menjadi agenda tahunan,” pungkas Syamsir.

Baca Juga: Terjebak Macet, Kadinkes Kalsel Terpaksa Jalan Kaki 3 Km

Baca Juga: Serba-Serbi Gemerlap Festival Durian di Kiram: Mulai Luka-Luka Hingga Anak Hilang

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin