apahabar.com
Ketua DPRD Kalsel Supian HK. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARMASIN – Sempat gagal di tahun 2019, DPRD Kalsel mantap melakukan kunjungan kerja ke luar negeri di 2020.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kalsel Supian HK seusai rapat bersama dua instansi Pemprov Kalsel, Dinas Kehutanan (Dishut) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kamis (9/1) siang).

Beralasan meningkatkan wawasan ke Eropa, Supian mengatakan empat komisi DPRD Kalsel akan berangkat.

“Keberangakatan kita mungkin nanti sekaligus. Setelah sampai, kita akan berpisah menyesuaikan komisi masing-masing,” katanya.

Secara administrasi, dewan sudah mengantongi pesetujan dari Kementerian Dalam Negeri. Sementara untuk anggaran, pihaknya telah berkonsultasi dengan Menteri Keuangan.

Supian mengaku mendukung sepenuhnya Kungker ke luar negeri di 2020.

Menurutnya, Kungker kali ini sangatlah jelas dan sudah sesuai dengan aturan.

“Dulu itu yang kontra malah saya, karena tidak jelas tujuan negaranya. Nah, kali ini saya sangat mendukung, aturannya jelas dan tujuannya jelas,” Sambungnya.

Negara yang menjadi tujuan Kungker kali ini adalah Finlandia dan Estonia. Dua negara itu dikenal sebagai negara yang punya cara pengelolaan hutan yang bagus.

Finlandia diketahui mampu mengontrol mekanisme pembinaan hutan secara terpusat melalui sistem online. Sedangkan Estonia, dikenal sebagai negara yang maju akan teknologi. Iklim teknologi digital di negara tersebut mampu mendorong perkembangan star up. Saat ini, Estonia telah menjadi rumah bagi lebih dari 200 star up.

Baca Juga: Cemari Sungai Martapura, Pemilik Limbah Terancam 5 Tahun Penjara

Baca Juga: Efek Jutaan Ikan Mati di Marabahan, Pedagang Makanan Kena Protes

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini