Ilham Udin Armaiyn terbaring di lapangan SDL Martapura
Ilham Udin Armaiyn (berbaring) menepi dari lapangan di tengah latihan skuat Barito Putera, di Stadion Demang Lehman (SDL) Martapura, Selasa (21/1) sore. Foto-apahabar.com/Hendra.

apahabar.com, MARTAPURA – Belum capai separo durasi latihan, Ilham Udin Armaiyn terlihat sudah menepi dari lapangan saat mengikuti latihan hari keduanya bersama Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Selasa (21/1).

Ditengarai gelandang yang baru direkrut dari Bhayangkara FC mengalami kelelahan. Mahfum, dia baru saja bergabung setelah melewati perjalanan panjang dari Ternate, Maluku.

Apalagi suhu udara di Martapura Selasa sore terasa panas berada di 32 derajat celcius, sehingga menguras fisik pemain.

Ditambah lagi, sejak latihan perdana dimulai beberapa hari lalu, tim pelatih memang sengaja ingin mengembalikan kondisi fisik pemain dengan latihan berat.

Sementara itu, pada latihan kali ini, tak terlihat head coach Djadjang Nurjaman. Kabarnya, sang pelatih tengah menjalani ibadah umroh.

Setidaknya ada enam sesi latihan yang dipimpin asisten pelatih Yunan Helmi dan Yusuf Prasetyo, dibantu pelatih fisik Dino Supriyanto beserta pelatih kiper H Ismairi.

Saat latihan one direction, Ilham Udin terlihat kelelahan, dan tak lama menepi lapangan keluar dari tim yang sedang berlatih.

Yunan Helmi asisten pelatih barito Putera
Asisten Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi. Foto-apahabar.com/Hendra

Kepada apahabar.com, dia mengaku sedang sakit kepala, dan meminta agar wawancara di lain waktu, saat sudah merasa nyaman.

Ilham Udin juga sempat berbaring di pinggir lapangan. Sementara rekan-rekannya terus melakukan latihan.

Usai menggelar latihan, Yunan Helmi mengatakan, kondisi fisik Ilham Udin memang belum berada pada performa terbaik. Lantaran perjalanan jauh yang ditempuh Ilham Udin menuju Banjarmasin.

“Dia (Ilham Udin) kan jauh. Kemarin dia berangkat pagi, sampainya (Minggu) malam, lebih 12 jam perjalanan. Mulai naik kapal laut, pesawat transit di Makasar, makanya kondisinya masih lelah,” jelas Yunan.

Disinggung apakah juga ada faktor cuaca di Kalsel yang relatif lebih panas. Yunan menampik. Menurutnya, cuaca di kampung Ilham Udin hampir sama saja dengan di Kalsel.

“Kemarin dia juga ikut latihan fisik, gym ikut juga, walaupun hasilnya belum maksimal, kita juga tidak memaksa. Hingga saat ini belum ada masalah sih. Tinggal lagi bagaimana pelatih dapat menaikkan kondisi fisik semua pemain,” pungkas Yunan.

Baca Juga: Persipura Umumkan Pemain, Termasuk Eks Barito Putera

Baca Juga: Bartman Optimis Kolaborasi Djanur-Mundari Akan Majukan Barito Putera

Baca Juga: Kamis, Yashir Pinto dan Alexander Rakic Jalani Tes Medis di Barito Putera

Repoter: Ahc22
Editor: Ahmad Zainal Mutttaqin