Dilaporkan Tim 2BHD, Erfan Instruksikan Bawaslu Kotabaru Rapatkan Barisan Api Berkobar di Bantuil Batola, 9 Rumah Jadi Arang Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron

Hujan Deras, Banjir Rendam Desa dan Sawah di Batang Alai HST

- Apahabar.com Rabu, 29 Januari 2020 - 13:43 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Desa dan Sawah di Batang Alai HST

Danramil 1002-01/Birayang, Kapten Inf Subhan bersama anggota mengecek ke lokasi banjir di Desa Cukan Lipai BAS, HST, Rabu (29/1). Foto-Maskuri for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Desa Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) digenangi air sampai siang ini, Rabu (29/1). Hujan deras mengguyur Hulu Sungai Tengah (HST) tadi malam.

Hujan dengan insensitas deras disertai angin kencang yang berkisar sejak pukul 21.00 hingga 23.00 itu menyebabkan meluapnya aliran Sungai Mandam. Bendungan Mandam tak sanggup menampung air.

“Luapan itu merendam permukiman warga di RT 2 dan RT 3,” kata Danramil Birayang, Kapten Inf Subhan pada apahabar.com.

Selain permukiman warga, lanjut Subhan, persawahaan milik warga pun ikut terendam. Air luapan sungai itu juga menggenangi sebagian ruas jalan di desa itu.

Ketinggian air pada dua RT itu mencapai 10 centimeter lebih. Permukiman yang paling terdampak hingga air masuk ke dalam rumah berada di bantaran aliran Sungai Mandam atau Bendung Mandam.

“Kini air mulai berangsur surut dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata Subhan.

TNI mengimbau warga Cukan Lipai berhati-hati dan menjaga kesehatan. Salah satu warga Cukan Lipai, Mahmud mengatakan tiap tahun di musim penghujan desanya memang sering diterjang banjir.

“Selama penghujaan memang sering banjir. Tapi ini yang paling dalam selama musim hujan di 2020 ini,” kata Mahmud pada apahabar.com.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah turun untuk menyalurkan bantuan logistik.

“Ada beberapa rumah yang terdampak hingga masuk ke dalam rumah, juga berdasarkan arahan pimpinan. Maka kami menyalurkan bantuan,” kata Kepala Pelaksana (KPlk) Budi Haryanto.

Status tanggap darurat, kata Budi, belum ditetapkan karena banjir di Cukan Lipai tidak terlalu lama.

“Banjir di Cukan Lipai hanya hitungan jam. Saat ini sudah mulai surut. Tapi tetap kita pantau,”kata Budi.

BPBD sudah membagi tim untuk memantau daerah yang berpotensi terdampak bencana banjir di sejumlah wilayah di HST, seperti Desa Jaranih di Kecamatan Labuah Amas Selatan, HST.

“Dari tadi malam kami sudah di lapangan. Banyak musibah terjadi akibat hujan deras dan angin kencang seperti pohon tumbang,”kata Budi.

Meminjam data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), HST tidak termasuk dari 10 kabupaten/kota di Kalsel yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Ke-10 wilayah itu, kecepatan angin bisa mencapai 20-30 km/jam. Hujan diprakirakan antara pukul 14.00 Wita sampai 17.00 Wita.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Kab Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG, Rabu (29/1).

Namun perlu diwaspadai, pada malam hari ini hujan dengan insensitas sedang hingga lebat berpotensi mengguyur 13 kabupaten/kota di Kalsel. Hanya saja hujan tidak merata.

Baca Juga: Kalsel Kembali Hujan, Waspada Petir dan Angin Kencang

Baca Juga: Dandim Barabai Ingin Keharmonisan TNI dan Insan Pers Selalu Terjalin

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Akhirnya Laman BKD Kalsel Baru Bisa Diakses, 1.270 Pelamar CPNS Terdata TMS
apahabar.com

Kalsel

Polres Tala Tanam Pohon hingga ke Pantai
apahabar.com

Kalsel

Air Terjun Haratai, Wisata Andalan Loksado Segera Dibuka Lagi
apahabar.com

Kalsel

Rekor Baru, Batola Konfirmasi Belasan Pasien Positif dari Alalak
apahabar.com

Kalsel

Selama Pandemi, Biaya Operasional Bekantan Kalsel Kian Melonjak
apahabar.com

Kalsel

Razia Masker H2, Warga di Banjarmasin Ngacir Saat Ditindak
apahabar.com

Kalsel

Pasca Kebakaran, ASDP Pastikan Pelayaran Feri Teluk Gosong-Pulau Sebuku Aman
apahabar.com

Kalsel

Cuaca buruk, BMKG Imbau Masyarakat Kalsel Berhati-hati Saat Mudik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com