Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Hujan Semalaman, HST Dirundung Beragam Musibah

- Apahabar.com Jumat, 31 Januari 2020 - 17:38 WIB

Hujan Semalaman, HST Dirundung Beragam Musibah

Salah satu warga Desa Masiraan Pandawan melintasi jembatan yang ditabrak tumpukan sampah, Jumat, (31/1) sore. Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Hujan lebat disertai angin ribut nyaris semalaman berlangsung di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Buntutnya berbagai musibah terjadi, dari pohon tumbang, longsor hingga meluapnya air di sungai yang menghanyutkan raba hingga sangkut di jembatan.

Kamis (30/1) sore, Sekolah Dasar Negeri 2 Rangas di Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) terkena dampaknya. Genteng sekolah terkena pohon jambu yang tumbang berdiameter 30 sentimeter.

Beruntung, kegiatan belajar mengajar sudah selesai. Jadi tidak menimbulkan korban jiwa.

“Pohon yang tumbang hanya mengenai ruang kelas 1. Yang terkena atap terasnya saja dan sudah dibereskan,” kata Kepala SDN 2 Rangas, H Rusdiansyah, Jumat (31/1).

Malam harinya, tebing di tepi Jalan Desa Patikalain longsor akibat hujan. Hingga reruntuhannya menutupi ruas jalan sepanjang 15 meter.

Akibat dari itu, warga yang melintas menuju kebun dan sekolah kesulitan melewati jalan itu.

“Sudah diatasi dengan bergotong-royong bersama masyarakat. Sekarang, jalan sudah dapat dilalui dengan baik dan aktivitas warga tidak terganggu lagi,” kata Babinsa Patikalain, Serda Sanu.

Sementara siang tadi, tumpukan sampah dari ranting pepohonan dan bambu menabrak jembatan gantung di Desa Masiraan, Kecamatan Pandawan.

Tumpukan sampah itu sangkut di jembatan hingga membuat jembatan terangkat dan tampak miring. Beruntung tidak putus.

“Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00 siang tadi,” kata Kepala Desa Masiraan, Syamsuddin kepada apahabar.com sore tadi.

Syamsudin mengatakan, kejadian itu merupakan yang kedua kalinya terjadi jika air sungai meluap. Warga tak bisa berbuat banyak.

Warga khawatir jika dibiarkan berlama-lama, bisa menyebabkan jembatan putus. Selain itu juga jika dibiarkan, timbunan sampah tadi bisa menabrak jembatan satunya yang tak jauh dari jembatan yang terdampak tumpukan sampah.

“Jika demikian maka tidak ada jalan alternatif lainnya. Warga yang di seberang bakal terisolasi. Sementara hanya itu jembatan yang terdekat,” kata Masiraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, Budi Haryanto dikonfirmasi melalui sambungan telepon, sudah memberi instruksi kepada timnya.

“Tim menuju lokasi untuk menyelesaikan masalah di sana. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan terkait lainnya,” kata Budi.

Rupanya BPBD hari ini disibukkan berbagai masalah yang sama dengan Desa Masiraan. Mereka bersama personil TNI dan warga bahu membahu membersihkan tumpukan sampah di Sungai Barabai agar tidak hanyut menambah tumpukan.

“Sampai ini kami terus memantau daerah-daerah yang rawan terpapar bencana dengan pencegahan-pencegahan yang menyebabkan musibah,” terang Budi.

BPBD sudah menetapkan status siaga bencana sejak 7 Januari hingga April mendatang. BPBD dan instansi terkait lainnya sudah menyiapkan posko siaga.

“Kami mengharapkan elemen masyarakat saling membantu dan menginformasikan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan,” tutup Budi.

Baca Juga: Isu Perusakan Masjid di Minahasa Utara, Warga Banjarmasin Diminta Tak Terpancing

Baca Juga: Bupati Kotabaru Gelar Dialog Bersama Warga Pedesaan

Baca Juga: Kejar Api, Mobil BPK Japan Rescue Hantam Tembok Rumah Warga

Baca Juga: Pesan Kamtibmas Kapolsekta Banjarmasin Utara di Mesjid Baitul Aqabah Sungai Andai

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Meranti Dinilai Langka, KPH Pulau Laut Sebuku Bangun Dipterocetum
apahabar.com

Kalsel

EKSKLUSIF: Perjuangan Pasien Ulin 01 Selama di Ruang Isolasi
apahabar.com

Kalsel

Tes Urine 105 Siswa SMK di Banjarmasin, Intip Hasilnya!
apahabar.com

Kalsel

Karyawan Swasta Mendominasi Pelanggaran Lalu Lintas di Tabalong
apahabar.com

Kalsel

Tambah 75 Kasus Positif dalam Sepekan, Semua Kecamatan di Banjarbaru Zona Merah
apahabar.com

Kalsel

Halo Warga Banjarmasin, Duta Mall Bakal Gelar Expo Otomotif
apahabar.com

Kalsel

Parkir Sembarangan di Bahu Jalan Dekat Duta Mall, Begini Akibatnya
apahabar.com

Kalsel

Viral Koboi Jalanan di Banjarbaru, Pelaku Dipastikan Anggota Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com