Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN!

Ini Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir

- Apahabar.com Sabtu, 4 Januari 2020 - 04:50 WIB

Ini Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir

Mobil dan motor rusak karena banjir. Foto-Tempo.co

apahabar.com, JAKARTA – Banjir yang menerjang beberapa wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi juga merendam banyak kendaraan, baik mobil atau motor.

Pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perbaikan mobil kesayangan.

Dijelaskan Rocky Yonathan, KA Bengkel Auto2000 Kebayoran Lama, sejatinya mobil yang terendam banjir, jika ditangani dengan baik, tidak banyak komponen yang harus diganti.

“Kalau kita di Auto2000, ada paket servis untuk mobil yang terendam banjir. Pertama, tingkatan light, yaitu kendaraan terendam air sampai menyentuh karpet dasar, kedua medium terendam sampai menyentuh sandaran jok, dan ketiga heavy yang terendam sampai plafon,” jelas Rocky.

Berbicara soal estimasi biaya, memang terbagi lagi dari tingkatan perbaikan. Untuk kategori light, dengan mobil low cost green car (LCGC) seperti Agya dan Calya biaya jasanya Rp3 juta, ekonomi seperti Avanza Rp3,7 juta, standar seperti Sienta, Yaris, dan Vios Rp4,5 juta, medium dengan mobil seperti Innova dan Altis Rp6,5 juta, hingga CBU Rp8,5 juta.

“Itu biaya jasa saja ya, belum biaya komponen atau oli jika memang harus diganti. Untuk light, yang diperiksa karpet dasar, alternator, motor starter, pembersihan rem, bearing roda, baru pengecekan elektrikal,” tegasnya.

Sementara itu, untuk perbaikan di kategori medium, perbaikannya meliputi pelepasan jok untuk dibersihkan dan dikeringkan, pemeriksaan motor power window, AC, audio, bahan bakar, dan lainnya.

“Estimasi biaya jasanya, Rp6 juta sampai Rp16 juta,” tambahnya.

Sedangkan untuk yang kategori plafon, tinggal ditambahkan biaya bongkar dan pergantian plafon, dengan estimasi dana sebesar Rp700 ribu sampai Rp1 juta.

“Kalau yang terkena banjir, sebaiknya menggunakan towing untuk menuju bengkel. Kalau dijalankan, takut terkena water hammer. Biasanya, perbaikan ini membutuhkan waktu tiga hari untuk kategori light, sedangkan yang sudah medium dan plafon bisa satu minggu lebih,” pungkasnya.

Baca Juga: Dua Faktor Duta Mall Jadi Pemasukan Terbesar Banjarmasin

Baca Juga: Mobil Rusak Akibat Banjir, Klaim Mungkin Ditolak Asuransi

Baca Juga: Stok Pangan Pokok Aman Hingga Maret

Baca Juga: Imbas Banjir Jabodetabek, Sejumlah KA Terlambat

Sumber: Liputan6.com
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Huawei Catat Peningkatan Pendapatan Saat Pandemi Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Target 1 Juta Barel, Pemerintah Siap Danai Penuh Survei Seismik 3D
apahabar.com

Ekbis

Awal Pekan, Rupiah Diperkirakan Masih Tertekan
apahabar.com

Ekbis

Sektor Ini yang Bisa Angkat Performa Kalsel
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Jatuh Tertekan Dolar AS Usai Trump Unggul di Florida
apahabar.com

Ekbis

AS-China Memanas, Rupiah Kena Imbasnya
apahabar.com

Ekbis

Gapki Tepis Isu Perusahaan Sawit Rusak Ekosistem
apahabar.com

Ekbis

Asus Rilis Zenfone Max Pro M2, Desember Mendatang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com