Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Jadi Calo CPNS, Oknum ASN di Pontianak Ditangkap Polisi

- Apahabar.com Senin, 27 Januari 2020 - 12:53 WIB

Jadi Calo CPNS, Oknum ASN di Pontianak Ditangkap Polisi

Kepolisian Sektor Pontianak Timur, Polresta Pontianak, Kalbar, mengamankan MS seorang calon yang berstatus ASN, yang menjanjikan kelulusan CPNS tahun 2018-2019 di lingkungan Poltekes Pontianak. Foto-Antara

apahabar.com, PONTIANAK – Aparat kepolisian di Pontianak mengamankan MS, seorang calon yang berstatus ASN.

MS menjanjikan kelulusan CPNS tahun 2018-2019 di lingkungan Poltekes Pontianak.

Kini status MS sudah tersangka, atas kasus penipuan terhadap empat korbannya yang juga alumni mahasiswa Poltekes Pontianak, dengan kerugian Rp163 juta.

Tersangka MS diamankan polisi setelah mendapatkan laporan dari para korban, yang salah satunya warga Kabupaten Mempawah.

“Begitu mendapatkan laporan kami langsung melakukan penangkapan tersangka MS, dan mengamankan barang bukti dua kwitansi pembayaran korban terhadap MS sebagai syarat untuk lulus CPNS tahun 2018-2019 di lingkungan Poltekes Pontianak,” ungkap kata Kapolsek Pontianak Timur, Kompol Sunaryo di Pontianak, Senin (27/1) dilansir apahabar.com dari Antara.

Dari laporan polisi, modus tersangka yakni menghubungi korbannya dengan menjanjikan bisa meluluskan tes CPNS di lingkungan kesehatan, asalkan menyediakan sejumlah uang.

“Setelah korbannya percaya, maka disuruh menyetor uang masing-masing Rp20 juta sebagai tanda jadi, setelah lulus nanti baru dilunasi. Tetapi hingga tahun 2020, korban tidak juga lulus CPNS, selain itu ketika dihubungi tersangka juga terkesan menghindar, sehingga dilaporkanlah kepada pihak kepolisian,” kata Sunaryo.

Menurut dia, tersangka menggunakan uang hasil penipuan tersebut untuk keperluan pribadinya.

Tersangka diancam pasal 378 dan 372 yakni tentang penggelapan dengan ancaman empat tahun penjara, dan atau denda paling banyak Rp900 ribu.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Pontianak Timur mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tertipu oleh siapapun juga yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS, asalkan bisa menyiapkan sejumlah uang tersebut.

“Jangan tergiur oleh janji-janji oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga tidak dirugikan. Sebab apa rekrutmen dalam penerimaan CPNS sudah terbuka,” katanya.

Sementara itu, tersangka MS mengakui, kalau dirinya menjanjikan korbannya lulus CPNS, yang disertai tanda jadi dulu sebesar Rp20 juta per orang. “Kalau sudah lulus maka baru dilunasi,” ujarnya.

Baca Juga: Musim Hujan, Warga Pontianak Waspada ‘Kencing Tikus’

Baca Juga: Pilkada 2020, Kajati Kalbar Siap Turunkan Jaksa Terbaik

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalbar

Ribuan Pohon Ditanam BI di Lahan Eks Tambang
apahabar.com

Kalbar

Alasan WNI di Perbatasan Miliki KTP Malaysia
Pilkada 2020, Kajati Kalbar Siap Turunkan Jaksa Terbaik

Kalbar

Pilkada 2020, Kajati Kalbar Siap Turunkan Jaksa Terbaik
apahabar.com

Kalbar

Pontianak Dapat Dana Kelurahan Rp10 Miliar
apahabar.com

Kalbar

12 Penumpang Kapal Karam di Sungai Kapuas Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalbar

7.237 Warga Kalbar Lulus Program Kartu Prakerja
apahabar.com

Kalbar

Rumah Betang Ludes Terbakar, Warga Dayak di Kapuas Hulu Terpaksa Mengungsi
apahabar.com

Kalbar

Halalbihalal Terancam Imbas Covid, Wali Kota Pontianak: Jangan Lama-Lama di Masjid
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com