Usai Sahur, 9 Rumah di Pelambuan Banjarmasin Hangus Terbakar! New Toyota Raize Laris Manis di Kalsel, Sepekan Puluhan Unit Dipesan POPULER SEPEKAN: Jasad Dipocong Karung di HST hingga Rapid Tes Penumpang Feri Tanjung Serdang Waspada! Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang  Pakai Knalpot Brong, Puluhan Unit Sepeda Motor di Banjarmasin Ditilang

Jakarta Banjir, Tol Dalam Kota Gratis Selama 18 Jam

- Apahabar.com Rabu, 1 Januari 2020 - 19:50 WIB

Jakarta Banjir, Tol Dalam Kota Gratis Selama 18 Jam

Warga mendorong motornya melintasi genangan banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (01/01). Foto-Antara/Aprillio Akbar/pras

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menggratiskan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta selama 18 jam.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk segera melakukan tindakan yang diperlukan demi mengurangi beban masyarakat yang terdampak banjir. Saya minta selanjutnya Jasa Marga dan BUMN lain yang mengelola jalan tol untuk segera melakukan tindakan preventif agar dapat meminimalisir dampak banjir ke jalan tol,” ujar Erick dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (01/01).

Menggratiskan jalan tol, menurut dia, tidak akan mengurangi beban masyarakat karena banjir namun hal ini adalah sebagai kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini.

Sementara itu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan bahwa sebagai wujud inisiatif Pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol, baik untuk jalan tol Cawang – Grogol – Tomang yang dikelola oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dan jalan tol Cawang – Tanjung Priok – Ancol Timur – Jembatan Tiga – Pluit yang dikelola oleh PT. Citra Marga Nusaphala Persada yang terdampak banjir akan dibebaskan biaya penggunaan jalan tol.

“Pembebasan biaya penggunaan jalan tol pada pada jalan tol Dalam Kota yang terdampak banjir merupakan inisiatif Pemerintah dan BUJT sebagai wujud kompensasi kepada masyarakat. Pembebasan biaya penggunaan jalan tol ini dilakukan sambil menunggu perkembangan kondisi lapangan hingga banjir dan genangan di jalan tol surut,” kata Danang.

Penggratisan ini berlaku untuk ruas Jalan Tol Cawang – Grogol – Tomang yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan ruas Jalan Tol Cawang – Tanjung Priok – Ancol Timur – Jembatan Tiga – Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk mulai 18.00 WIB petang ini, Rabu (1/1), hingga Kamis (2/1) pukul 12.00 WIB.

“Jasa Marga mendukung penuh kebijakan Pemerintah. Selaku operator jalan tol, kami terus berupaya agar pengguna jalan tol tetap merasa aman dan nyaman dengan melakukan penyedotan di beberapa titik genangan air, penyiagaan rambu dan petugas hingga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan mengenai berbagai update informasi mengenai genangan air di jalan tol Jasa Marga,” ujar Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani.

Sedangkan Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada, Tbk (pengelola Tol Dalam Kota), Djoko Sapto menyampaikan bahwa pada prinsipnya mendukung upaya Pemerintah dalam memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada masyarakat dan pengguna jalan.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, saat ini pengelola jalan tol menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

Baca Juga: BMKG: Hujan Guyur Jabodetabek hingga Minggu Depan

Baca Juga: Jokowi Sampaikan 3 Perintah Atasi Banjir di Jabodetabek

Baca Juga: Banjir di Kemayoran, Pelajar Tewas Tersengat Listrik

Baca Juga: Tangerang Diterjang Banjir, BPBD Fokus Evakuasi Warga

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Paparkan Jadwal Pembangunan Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Kapolri: Kerusuhan 21-22 Mei Sudah Mulai Diselidiki

Nasional

Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’
apahabar.com

Nasional

Erick Thohir Berlakukan Kategori Layanan Pesawat Bagi Karyawan BUMN
apahabar.com

Nasional

Pilkada 2020, Kemendagri Tahan Izin Mutasi Pejabat di Daerah
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Putuskan Penajam Paser Utara Kawasan Ibukota
apahabar.com

Nasional

Tak Hanya Novel Baswedan, 4 Anaknya Juga Terkonfirmasi Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Garuda Mendarat Darurat di Sri Lanka, Penumpang Diinapkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com