apahabar.com
Lapangan Murjani Banjarbaru. Foto-Youtube/Arief Arrachman

apahabar.com, BANJARBARU – Menjelang Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul, 1 Maret 2020 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru menyiapkan sejumlah fasilitas demi kenyamaan jemaah dari luar kota.

Mulai dari bus antar jemaah menuju lokasi haul di Sekumpul, tenda jemaah, tenda posko kesehatan, tempat parkir, toilet umum portable, hingga tempat salat.

Nah tahun ini, di Lapangan Murjani akan disulap sedemikian rupa. Yakni, tak hanya jadi tempat parkir bus besar tapi juga sebagai tempat salat jemaah.

Berkaca pada tahun lalu, setiap masjid yang ada di sekitar Murjani terisi penuh, sehingga jemaah terlihat kesulitan untuk salat.

“Kita siapkan tenda khusus jamaah yang dari luar untuk beristirahat sejenak. Kemudian tempat salat di lapangan Murjani,” kata Kadishub Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie kepada apahabar.com, Senin (13/1).

“Tahun kemarin kan orang susah mau salat dan salatnya ke belakang Pemko, tapi di sana tidak tertampung jadi kita siapkan di Lapangan Murjani,” lanjut pria berkacamata ini.

Selain itu, di lokasi tenda jemaah dan tempat salat juga di lengkapi dengan toilet portable beserta keran-keran wudhu.

Seperti tahun sebelumnya, bus juga disiapkan untuk jemaah yang memarkir kendaraannya di Banjarbaru. Khusus bus atau mobil besar parkir di Murjani.

“Kami siapkan angkutan sebanyak 15 unit terdiri dari bus besar dan bus mini, dengan jam operasional yang fleksibel, situasional saja,” terang Yani.

Selanjutnya mereka dibawa melewati rute yang sama seperti tahun sebelumnya, melewat Jalan Panglima Batur menuju Jalan Rahayu.

Kendati begitu, Dishub enggan memaksakan diri untuk mengantar jemaah masuk lebih dekat ke kawasan sekumpul. Mengingat rute sendiri sudah disiapkan oleh para relawan Haul Guru Sekumpul.

“Kita situasional saja apabila tidak bisa menembus di jalan Rahayu kita tidak memaksakan diri. Kita tidak mau juga mengacaukan rute yang sudah ditetapkan oleh panitia inti jadi akan kita drop seperti biasa di depan pertigaan jalan STM,” papar Yani.

“Fasilitas yang kami siapkan di Murjani itu kami fokuskan sebagai kantong parkir, bus yang berukuran besar kita persilahkan parkir di sana,” lanjut pria berkumis ini.

Jika nantinya di Lapangan Murjani tidak mencukupi, maka jemaah dapat memarkir kendarannya di halaman kantor SKPD. Lokasinya tentu sekitar Murjani juga.

“Kita sudah berkoordinasi, halaman-halaman kantor yang ada di seputar Murjani, insya Allah sebagai tempatkan parkir,” sebutnya.

Sementara itu, untuk kendaraan roda dua juga telah disiapkan lokasi parkirnya sedemikian rupa, agar tersusun rapi dan aman.

“Roda dua kita tempatkan di kantor Pemko di belakangnya kalau memang tidak mencukupi, kita siapkan di belakang balai,” imbuhnya.

Selain kantong parkir dan rute jalan, Dishub juga telah menyiapkan fasilitas lainnya seperti tenda relawan, tenda jemaah, tenda orari, dan tenda posko kesehatan.

Untuk mengamankan jalannya kegiatan Haul ke 15 Guru Sekumpul, Dishub menerjunkan semua staf ke lapangan.

“Kami kerahkan sebanyak 70 orang yang disebarkan disetiap titik rute. Untuk titik utama, berada di Simpang 4 Banjarbaru. Ditiap titik kemacetan juga kita sebar petugas,” pungkasnya.

apahabar.com
Kadishub Banjarbaru Ahmad Yani Makkie. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

Baca Juga: Sebelum Haul Guru Sekumpul, PUPR Banjar Selesaikan Perbaikan Jalan Rusak

Baca Juga: Ojek Gratis Berpartisipasi di Haul Guru Sekumpul

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin