Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Jembatan Jalan Soekarno Angker Bagi Pengendara

- Apahabar.com Minggu, 26 Januari 2020 - 20:00 WIB

Jembatan Jalan Soekarno Angker Bagi Pengendara

Jembatan Jalan Soekarno desa Sumber Mulya, Kabupaten Tanah Laut. Foto-apahabar.com/Chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Jembatan kayu ulin di Jalan Soekarno Desa Sumber Mulya Kabupaten Tanah Laut menjadi angker bagi pengendara yang melintas, pasalnya kayu jembatan yang dibangun sejak 1985 ini banyak yang patah.

Pantauan apahabar.com di lapangan, hampir semua fisik jembatan mengalami kerusakan. Mulai dari dinding belakang, dinding penahan, dinding sayap, oprit kayu bawah, tumpuan, hingga papan atas sudah banyak yang patah lantaran dimakan usia. Bahkan baut perekat jembatan ini banyak yang lepas karena faktor usia.

Sepeda motor yang melintas harus perlahan dan sangat hati-hati, sebab salah menginjak papan ulin maka bisa berakibat fatal, tercebur ke sungai.

Kepala Desa Sumber Mulia Endro Suwarsono mengatakan, saat ini jembatan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, karena kondisinya mengkhawatirkan.

“Papan ulin pembatas jembatan ini sebagian sudah pada lepas, begitu juga papan jembatan sudah pada patah,” kata Endro Suwarsono.

Atas kondisi jembatan ini, sambungya, pihaknya sudah mengusulkan ke Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten. Dengan harapan usulannya itu bisa segera ditanggapi oleh pihak Pemerintah Daerah.

“Supaya tidak rusak lebih parah sebelumnya dilakukan perbaikan jembatan secara swadaya oleh warga. Namun tidak berlangsung lama rusak lagi,” ucapnya.

Menurutnya jalan ini akses utama warga untuk mengangkut hasil pertanian. Selain itu jembatan ini merupakan jembatan penghubung antar desa dari Desa Sumber Mulia ke Desa Tajau Pecah dan desa lainnya.

Saat ini, warga harus mencari jalan lain. Walaupun cukup jauh, namun warga terpaksa memutar agar dirinya dan angkutan hasil kebun selamat.

Salah seorang warga Desa Sumber Mulia RT 06 Sunarmi mengungkapkan, meski rumahnya dekat dengan jembatan, ia merasa ketakutan melewati jembatan itu karena takut ambruk, kalau ke luar rumah Sunarmi lebih memilih ke jalan lain. “Kami berharap jembatan ini bisa segera diperbaiki. Jangan menunggu banyak korban jiwa baru ditanggapi,” katanya.

Kabid Bina Marga di Dinas PUPRP Tanah Laut, Dwi Hadi Putra, saat dikonfirmasi Jumat (24/01) mengatakan, terkait jembatan di Desa Sumber Mulia RT 06, mengaku Sudah ada perencanaan tinggal dianggarkan dan melihat dana yang tersedia, sebab dana yang diperlukan untuk memperbaiki jembatan itu cukup besar.

“Kurang lebih untuk membangun jembatan itu sekitar Rp4 Miliar,” ucapnya Dwi Hadi.

Jembatan itu akan diusulkan di tahun ini, lanjutnya. Dia berharap bisa disetujui dan anggaran keuangan daerah tersedia.

“Kami memahami mengingat jembatan itu merupakan akses dari Desa Tajau Pecah ke Desa Sumber Mulia dan jalan penghubung antar kedua Desa,” katanya.

apahabar.com

Baca Juga: Paman Birin dan Sukamta Hadiri Haul Al Habib Umar bin Husein Alaydrus

Baca Juga: RSUD Hadji Boejasin Dikritik, Abdi Rahman Minta Penjelasan Direktur

Reporter: Ahc14
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Bangunan Lama Rumah Sakit Boejasin Pelaihari Akan Dijadikan Tempat Karantina

Kab. Tanah Laut

Bangunan Lama Rumah Sakit Boejasin Pelaihari Akan Dijadikan Tempat Karantina
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

TP PKK Tala Bagikan Sembako kepada Anggota PKL Uber Rejeki
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Keren! Tala Punya Objek Wisata Arum Jeram
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Ribuan Anak TK se-Pelaihari Ikut Gebyar Manasik Haji
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Penyaluran BLT-DD di Tala, Sukamta Minta Aparatur Desa Tak Minta Jatah
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Pelaku Usaha di Tala Dapat KUSUKA
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Haris Makkie: Penanganan Covid-19 Tanah Laut Terbaik di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com