Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Jokowi Apresiasi Lelang Dini Proyek Infrastruktur Kemen-PUPR 2020

- Apahabar.com Rabu, 29 Januari 2020 - 15:04 WIB

Jokowi Apresiasi Lelang Dini Proyek Infrastruktur Kemen-PUPR 2020

Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan kontrak kerja proyek-proyek nasional di lingkungan Kementerian PUPR tahun anggaran 2020, bersamaan acara peresmian terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/01). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (jokowi) mengapresiasi penandatanganan kurang lebih 1.300 kontrak kerja proyek-proyek nasional di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2020.

Penandatanganan kontrak kerja oleh 100 perwakilan pihak yang terlibat disaksikan langsung Presiden bersamaan dengan acara peresmian terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/01).

“Saya sangat menghargai dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan. Artinya anggaran modal yang ada di Kementerian PU bisa dilaksanakan programnya dalam awal-awal tahun ini,” ujar Jokowi sebagaimana keterangan tertulis yang diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu (29/01).

Kementerian PUPR telah melakukan lelang pengerjaan dini sejak awal November 2019 lalu. Langkah tersebut ditempuh kementerian sebagai upaya mempercepat pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur tahun 2020 ini yang dapat dimulai dengan segera di awal tahun anggaran.

“Lelang itu lakukanlah seawal-awalnya, sedini mungkin, sehingga di awal Januari sudah bisa langsung kerja di lapangan. Akhirnya nanti akan kita dapatkan kualitas konstruksi bangunan yang baik. Tidak kita kejar-kejaran di akhir tahun. Ini yang sudah berjalan sangat lama dan ingin kita hilangkan,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR tahun 2020 tercatat mencapai Rp120 triliun. Kepala Negara mengatakan Kementerian PUPR merupakan salah satu kementerian dengan anggaran terbesar, di mana anggaran yang ada tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur Indonesia secara merata.

“Itu memang dipakai untuk pembangunan infrastruktur dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya.

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi selalu menyerukan agar proses pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan sedini mungkin dengan perencanaan waktu yang tepat.

Seperti saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 pada 6 November 2019 lalu misalnya, Presiden menyebut pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dilakukan segera dan tepat waktu dapat menjadi pendorong serta penggerak perekonomian nasional.

“Tantangan besar yang harus kita jawab adalah memastikan proses maupun timing pengadaan barang dan jasa. Sekali lagi, harus seawal mungkin, Januari harus mulai belanja, karena ini menyangkut pertumbuhan ekonomi,” ujar Jokowi kala itu.(Ant)

Baca Juga: Jokowi: Terowongan Nanjung Efektif Kurangi Banjir di Bandung Selatan

Baca Juga: Dikatain Gendut, Pria Banyuwangi Habisi Rekan Kerja Sendiri

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Diwarnai Rentetan Tembakan, Puluhan Anggota Kelompok John Kei Ditangkap
apahabar.com

Nasional

Ratusan Anak Hasil Perkawinan Campuran Miliki Kewarganegaraan Ganda Indonesia dan Tiongkok
apahabar.com

Nasional

Bayar Online dan Ijab Kabul Zakat Tanpa Bersalaman, Apakah Sah?
apahabar.com

Nasional

Resmi, Setyanto Hantoro Jabat Direktur Utama Telkomsel
apahabar.com

Nasional

BPPTKG Sebut Konsentrasi Gas CO2 Gunung Merapi Meningkat
apahabar.com

Nasional

Polda Lampung Periksa Kejiwaan dan Motif Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Nasional

KPK Soroti Sektor Pengadaan Barang dan Jasa Kalsel
Dinosaurus

Nasional

Viral! Petugas MFP Magetan Berjibaku Turunkan Dinosaurus dari Truk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com