Resmi, Pekapuran Raya-Pemurus Dalam Zona Hitam Covid-19! H2 Juli, Kalsel Tambah Ratusan Kasus Baru Covid-19 Hore! Listrik Gratis Diperpanjang hingga September Tak Punya Izin, Pemkot Banjarmasin Kembalikan Rp 200 Juta ke Pengusaha Advertising Positif Corona, Belasan Karyawan RSUD Banjarmasin Terpaksa Diistirahatkan




Home Nasional

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:04 WIB

Jokowi Apresiasi Lelang Dini Proyek Infrastruktur Kemen-PUPR 2020

Uploader - Apahabar.com

Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan kontrak kerja proyek-proyek nasional di lingkungan Kementerian PUPR tahun anggaran 2020, bersamaan acara peresmian terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/01). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan kontrak kerja proyek-proyek nasional di lingkungan Kementerian PUPR tahun anggaran 2020, bersamaan acara peresmian terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/01). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (jokowi) mengapresiasi penandatanganan kurang lebih 1.300 kontrak kerja proyek-proyek nasional di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2020.

Penandatanganan kontrak kerja oleh 100 perwakilan pihak yang terlibat disaksikan langsung Presiden bersamaan dengan acara peresmian terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/01).

“Saya sangat menghargai dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan. Artinya anggaran modal yang ada di Kementerian PU bisa dilaksanakan programnya dalam awal-awal tahun ini,” ujar Jokowi sebagaimana keterangan tertulis yang diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu (29/01).

Kementerian PUPR telah melakukan lelang pengerjaan dini sejak awal November 2019 lalu. Langkah tersebut ditempuh kementerian sebagai upaya mempercepat pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur tahun 2020 ini yang dapat dimulai dengan segera di awal tahun anggaran.

Baca juga :  Mendikbud: Pendidikan Jarak Jauh Dapat Dipermanenkan

“Lelang itu lakukanlah seawal-awalnya, sedini mungkin, sehingga di awal Januari sudah bisa langsung kerja di lapangan. Akhirnya nanti akan kita dapatkan kualitas konstruksi bangunan yang baik. Tidak kita kejar-kejaran di akhir tahun. Ini yang sudah berjalan sangat lama dan ingin kita hilangkan,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR tahun 2020 tercatat mencapai Rp120 triliun. Kepala Negara mengatakan Kementerian PUPR merupakan salah satu kementerian dengan anggaran terbesar, di mana anggaran yang ada tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur Indonesia secara merata.

“Itu memang dipakai untuk pembangunan infrastruktur dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya.

Baca juga :  Jokowi Beri Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya pada 4 Anggota Polri

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi selalu menyerukan agar proses pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan sedini mungkin dengan perencanaan waktu yang tepat.

Seperti saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 pada 6 November 2019 lalu misalnya, Presiden menyebut pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dilakukan segera dan tepat waktu dapat menjadi pendorong serta penggerak perekonomian nasional.

“Tantangan besar yang harus kita jawab adalah memastikan proses maupun timing pengadaan barang dan jasa. Sekali lagi, harus seawal mungkin, Januari harus mulai belanja, karena ini menyangkut pertumbuhan ekonomi,” ujar Jokowi kala itu.(Ant)

Baca Juga: Jokowi: Terowongan Nanjung Efektif Kurangi Banjir di Bandung Selatan

Baca Juga: Dikatain Gendut, Pria Banyuwangi Habisi Rekan Kerja Sendiri

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ramadan, Budi Waseso: Harga Telur Sulit Dikendalikan
apahabar.com

Nasional

Thailand Konfirmasi 6 Penderita Virus Corona, Total Jadi 14 Kasus
apahabar.com

Nasional

Ini Dia Sejarah Nyepi
apahabar.com

Nasional

India Mulai Produksi Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

Pemuda Pancasila: Jangan Coba-coba Ganggu Presiden Jokowi
apahabar.com

Nasional

Pasien Corona asal China Meninggal di Eropa
apahabar.com

Nasional

Ridho Rhoma Kembali ke Penjara, MA Perberat Hukumannya
apahabar.com

Nasional

China: Korban Virus Corona di Wuhan Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com