BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Jokowi Putuskan Evakuasi WNI dari Wuhan Sore Ini

- Apahabar.com Kamis, 30 Januari 2020 - 16:38 WIB

Jokowi Putuskan Evakuasi WNI dari Wuhan Sore Ini

Sejumlah tim medis mengevakuasi seorang pasien menuju Ruang Isolasi Khusus Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi saat simulasi penanganan wabah virus novel Coronavirus (nCoV) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/01). Foto-Antara/Aji Styawan/aww.

apahabar.com, TANGERANG – Karena mewabahnya virus corona Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, China dilakukan sore ini, Kamis (30/01).

Pemerintah juga akan membahas langkah-langkah yang akan diambil setelah opsi evakuasi diputuskan melalui rapat internal dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Saya sudah sampaikan kemarin, kita memiliki opsi untuk evakuasi tapi ada prosedurnya. Saya sudah sampaikan pagi tadi kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu,” kata Jokowi usai membuka Rakornas Ristek di Tangerang, Banten, Kamis siang.

Sebelumnya Jokowi telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menjajaki perihal aturan evakuasi WNI yang saat ini aksesnya ditutup sementara oleh pemerintah China agar virus corona tidak mewabah lebih besar.

Jokowi menyebut, Pemerintah akan mendiskusikan tahapan saat evakuasi, juga sedang memikirkan penentuan lokasi karantina setelah membawa para WNI dari Wuhan.

Jokowi mengaku, pemerintah akan melibatkan TNI dalam proses evakuasi WNI. Adapun, tim tersebut sudah siap untuk melaksanakan evakuasi dan menunggu instruksi presiden. Namun, evakuasi juga dilakukan sesuai tahapan dengan mengikuti aturan negara bersangkutan.

“Kalau evakuasi sudah pasti baru nanti rapat internal, tapi kesiapan kita tadi saya sampaikan tim tni di bidang kesehatan sudah siap, artinya kita tinggal memutuskan, tapi juga melihat di sana. Ini bukan negara kita loh, bukan di negara kita, di negara orang lain yang memiliki regulasi, yang memiliki aturan-aturan yang ada,” kata Presiden. (Ant)

Baca Juga: Perayaan Imlek Nasional, Presiden: Ayo Kerja Lebih Keras

Baca Juga: Polisi Lompat dari Jalan Layang Medan Diduga Mau Bunuh Diri

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

4 Pasien Positif Covid-19 di Depok Meninggal Dunia

Nasional

4 Pasien Positif Covid-19 di Depok Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Media Inggris Angkat Kasus Pemerkosaan Renhard Sinaga Jadi Berita Utama
apahabar.com

Nasional

Protes Pidato Presiden Prancis, Indonesia: Jangan Hubungkan Islam dan Aksi Teror
apahabar.com

Nasional

Resmi Jadi WNI, Syekh Ali Jaber: I Love Indonesia
apahabar.com

Nasional

Mengenang Sosok Gus Im, Obrolannya dengan Gus Dur Soal Musik
apahabar.com

Nasional

Tenang, Gempa di Malang Tak Berpotensi Tsunami
Polda Metro Jaya

Nasional

Polda Metro Jaya Buru Pelaku yang Melukai 2 Polisi
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sambangi Kalsel, Fazlur Rahman: Bentuk Perhatian Terhadap Banua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com