apahabar.com
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto (lima dari kiri) didampingi Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi (empat dari kiri) beserta alumni SMAN 7 angkatan 86. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Didaulat menutup gelaran Iluni 86 Basketball League 2020 yang digarap para alumni SMAN 7 Banjarmasin angkatan 86, Kapolresta Kombes Pol Sumarto mengapresiasi even ini supaya dapat diikuti oleh pihak lain. Dengan harapan potensi generasi muda dalam bidang olahraga dapat meningkat dan terhindar dari kegiatan negatif.

Hal tersebut dia sampaikan usai prosesi penyerahan trofi kepada para juara di Suria Arena, Jalan AES Nasution, Banjarmasin Tengah, Sabtu (25/01) malam.

“Kompetisi ini sangat baik dalam hal pembinaan generasi muda di Kota Banjarmasin,” kata Kapolresta.

Dia berharap, kompetisi-kompetisi olahraga serupa, baiknya rutin dilaksanakan di Kota Seribu Sungai.

“Kompetisi seperti ini juga sangat bagus untuk memupuk jiwa solidaritas dan sportifitas yang tinggi. Ini bisa menjadi model untuk pengembangan talenta generasi muda,” ujar Sumarto.

Sumarto juga sempat kaget melihat antusiasme penonton yang mendukung t bertanding di lapangan. “Ini seperti pertandingan sepakbola Barito Putera saja, mereka datang lengkap dengan drum memberikan semangat kepada tim yang bertanding, sangat luar biasa,” puji Sumarto.

Senada, Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi yang juga merupakan alumni SMAVEN atau SMAN 7 Banjarmasin mengatakan, kegiatan kompetisi olahrga adalah hal yang sangat positif untuk generasi muda.

“Agar para generasi muda kita memiliki jiwa yang kompetitif dalam hal baik dan tidak terjerumus pada sesuatu yang negatif,” tutur Irwan.

Dia juga berharap agar kegiatan-kegiatan kompetisi olahraga, untuk lebih sering diadakan. “Supaya anak-anak muda di Banjarmasin mempunyai wadah untuk menyalurkan hobi atau bakatnya,” ucapnya mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Iluni 86 Basketball League, Hata Sunarsita Laksono berupaya agar even ini dapat kembali digelar tahun depan. “Jika tidak ada aral, akan kami adakan lagi,” ujar Ony begitu dia disapa.

Dengan harapan gairah olahraga basket di Kalsel kembali tumbuh. Khususnya di kalangan pelajar.

Ya, meski merupakan ajang perdana, namun antusias peserta cukup tinggi. Setidaknya ada 44 tim ambil bagian untuk mebutkan total hadiah puluhan juta ini.

Masing-masing 8 tim SMP putri, 11 tim SMP putra, 8 tim SMA putri, 9 tim SMA putra dan 8 tim dari perguruan tinggi.

Pesertanya sendiri tak hanya dari sekolah di Kalsel, tapi juga ada dari Kaltim, yakni SMAN 2 Samarinda.

Baca Juga: Sengitnya Final Iluni 86 Basketball League 2020, Tim Putra SMAN 7 Taklukkan SMAN 1…

Baca Juga: Libur Imlek, Barito Putera Pesta Durian di Cempaka Hingga Ada yang Puyeng

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin