Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

KBRI Beijing Imbau WNI di China Pulang ke Indonesia

- Apahabar.com Kamis, 30 Januari 2020 - 21:54 WIB

KBRI Beijing Imbau WNI di China Pulang ke Indonesia

Ilustrasi Penyebaran Virus Corona. Foto-GizmoChina.com

apahabar.com, BEIJING – Kedutaan Besar RI di Beijing mengimbau warga negara Indonesia di seluruh wilayah China untuk pulang ke Tanah Air jika tidak ada kepentingan yang mendesak agar terhindar dari wabah virus corona.

“Menyikapi merebaknya wabah virus corona di China akhir-akhir ini, bagi warga negara Indonesia di seluruh China sekiranya tidak ada kepentingan yang mendesak, kami mengimbau untuk kembali ke Indonesia sampai situasi normal kembali,” demikian surat keterangan yang ditandatangani Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus tertanggal 29 Januari 2019 itu.

“Kami memang mengeluarkan surat itu, tapi sebenarnya tidak melulu imbauan melainkan surat keterangan bagi WNI, khususnya pelajar Indonesia yang hendak pulang,” kata Ichsan kepada ANTARA di Beijing, Kamis malam.

Menurut dia, surat keterangan tersebut dikeluarkan atas permintaan para mahasiswa di sejumlah daerah di China yang tidak bisa keluar dari kampus karena pintu gerbang dikunci.

“Beberapa kampus ada yang melarang mahasiswanya pulang. Mereka baru mengizinkan kalau ada surat keterangan dari KBRI,” ujarnya mengenai surat yang dikeluarkan dalam dua versi bahasa, Indonesia dan Mandarin itu.

Oleh sebab itu, KBRI mengimbau agar otoritas kampus setempat dapat memberikan kemudahan dan akses keluar ke bandara terdekat bagi WNI yang hendak pulang ke Tanah Air.

Meskipun libur semester, masih banyak pelajar asal Indonesia yang memilih tinggal di China.

Namun seiring dengan perkembangan terakhir mengenai meluasnya wabah virus corona yang berepisentrum di Wuhan, Provinsi Hubei, maka banyak di antara para pelajar Indonesia di beberapa daerah lainnya di China yang ingin pulang ke Tanah Air.

Hingga Kamis pagi terdapat 7.736 kasus positif terkena 2019-nCoV dan 12.167 terduga dengan jumlah kematian 170 orang di seluruh wilayah China.(Ant)

Baca Juga: Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Dinkes Banjar: Waspadai Penularan Virus Corona

Baca Juga: Rusia dan China Bekerja Sama Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Temuan Data Genetik Urutan Keseluruhan Genom, Berikut Penjelasan Sulaiman Umar
apahabar.com

Nasional

Dukung Program Ketahanan Pangan di Kalteng, Jokowi Tugaskan 3 Menteri
apahabar.com

Nasional

Seruan Habib Banua: Jika RUU HIP Disahkan, Kita Turun ke Jalan
apahabar.com

Nasional

Jokowi Turut Berduka atas Kewafatan Ustaz Arifin Ilham
apahabar.com

Nasional

Jangan ‘Jajan’ Sembarang, Waspada Sifilis
apahabar.com

Nasional

Detik-Detik Tsunami Akibat Letusan Anak Krakatau
apahabar.com

Nasional

Pertama, Hakim Militer Diberhentikan Lantaran Selingkuh
apahabar.com

Nasional

Presiden Tegaskan Tidak Ada Pengembalian Mandat Dalam UU KPK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com