Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya Cobain Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series Maladministrasi, Pemkot Banjarmasin Diminta Setop Tertibkan Reklame Sepihak

Kebijakan Distribusi Subsidi Elpiji 3 Kg Dikaji

- Apahabar.com Senin, 20 Januari 2020 - 07:00 WIB

Kebijakan Distribusi Subsidi Elpiji 3 Kg Dikaji

Petugas melakukan aktivitas pengisian ulang gas bersubsidi 3 kg. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah berencana mengatur ulang kebijakan distribusi elpiji 3 kg dari terbuka ke tertutup.

“Yang lagi ramai di media itu tidak sepenuhnya benar. Kami sedang dalam pembahasan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam informasi tertulis yang diterima Antara, Minggu (19/1).

Arifin menjelaskan, pembahasan pengaturan ulang atas pemberian subsidi elpiji 3 kg tepat sasaran melibatkan banyak instansi terkait. “Pembahasan ini tentu saja melibatkan kementerian dan lembaga dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat kecil dan juga pengusaha,” ujarnya.

Arifin menilai, pengaturan subsidi elpiji 3 kg tertutup tengah dikaji dengan tujuan agar subsidi yang diberikan pemerintah nantinya lebih tepat sasaran. Pemerintah selanjutnya akan mendata warga yang benar-benar membutuhkan subsidi dari pemerintah.

“Maksudnya subsidi tertutup kami identifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima tapi tidak dibatasi, yang menerima tetap menerima. Hanya saja teregister dan terdaftar jadi bisa teridentifikasi untuk mencegah terjadi ‘kebocoran’,” ujarnya.

Arifin menegaskan bahwa pada dasarnya Pemerintah berkomitmen memberikan akses energi yang merata kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa ada pihak yang dirugikan.

“Kami di Kementerian ESDM memiliki visi bagaimana bisa menyediakan energi untuk seluruh lapisan masyarakat dengan menyesuaikan kemampuan masyarakat,” tegasnya.

Pemerintah berusaha terus menekan angka subsidi energi agar lebih tepat sasaran dan digunakan untuk sektor yang lebih produktif. Pada 2020, Pemerintah memproyeksikan subsidi elpiji 3 Kg sesuai APBN sebesar Rp 50,6 triliun. Besaran subsidi tersebut lebih rendah dibandingkan pada 2018 yang mencapai angka Rp 58,1 triliun untuk subsidi elpiji 3 Kg. (rep)

Baca Juga: Usai Dilantik, Mardani Ikut Kunjungan Presiden ke Labuan Bajo

Baca Juga: Tiba di Labuan Bajo, Presiden Punya Tiga Agenda Sekaligus

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ibunda Jokowi Meninggal Bukan karena Covid-19
apahabar.com

Nasional

Kominfo: Hoaks Meningkat Jelang Pilpres
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Pastikan Bangun Rumah Korban Tsunami
apahabar.com

Nasional

Hasto: Megawati Telah Serahkan Nama-nama Calon Menteri

Nasional

Presiden Jokowi Klaim Penuhi Kebutuhan Listrik Jutaan Keluarga
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Amin Raup 74 Persen Suara dii TPS Mbah Moen
apahabar.com

Nasional

George Floyd, Kematiannya di Tangan Polisi Gemparkan AS
apahabar.com

Nasional

BLT Pekerja Gelombang II Cair Akhir Oktober
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com