apahabar.com
Sekretaris Kabupaten Hulu Sungai Tengah HA Tamzil. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – HA Tamzil dan M Ilham Effendhy mantap berpasangan di Pemilihan Kepala Daerah Hulu Sungai Tengah (Pilkada HST) tahun ini.

Terbaru, keduanya tengah mempersiapkan dokumen pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Sebagai salah satu syarat maju jalur perorangan atau independen, pasangan ini harus mengumpulkan minimal 10 persen fotokopi KTP.

Itu dari daftar pemilih tetap (DPT) atau sebanyak 19.100 dukungan yang tersebar di enam kecamatan dari 11 kecamatan di HST.

“Insyaallah pada saatnya mencukupi. Saat ini masih di internal tim saya. Lagi penggodokan, verifikasi, lagi mengitung mana yang rangkap atas nama saya,” kata Tamzil saat bincang ringan dengan apahabar.com, belum lama ini.

Untuk pendaftaran ke KPU per 19-23 Februari nanti, Tamzil yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) HST akan memboyong tim serta pasangannya.

Terkait pasangannya, M Ilham Effendhy ini merupakan anak dari mantan Bupati HST periode 1879-1984, M Syarkawi.

Meski tak mengumumkan atau memperkenalkan Ilham secara resmi sebagai pasanganya, sudah beredar foto-foto keduanya di berbagai media sosial dengan slogan “Bersama kita bisa”.

Sebagai bakal calon bupati, Tamzil membeberkan alasan kenapa harus memilih Ilham sebagai wakilnya. Mulai dari berbagai pertimbangan hingga mendapat respons positif, akhirnya Tamzil kepincut dengan Ilham.

Di samping pengetahuan Tamzil tentang latar belakang Ilham, ia juga tahu persis pengalaman-pengalamannya di bidang birokrasi.

“Beliau ini kan beberapa kali menjabat di Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Barabai. Jadi kita tahu kemampuannya, terlebih manajemen tata kelola keuangan,” beber Tamzil yang bakal pensiun pada 1 Juli 2020 ini.

Atas kemampuan itu, sebagai calon pendamping, Ilham dinilai mampu mengelola anggaran untuk hasil maksimal sesuai visi misi.

Sementara terkait visi misinya, Tamzil akan melanjutkan program-program kepemimpinan yang ada.

“Kita memberikan alternatif buat masyarakat bahwa ini dari birokrat ada yang siap mencalonkan diri untuk memimpin daerah,” kata Tamzil.

“Bismillah tawakal alallah kita maju Pilkada 2020 untuk membangun banua menuju HST yang lebih nyaman, mantap dan lebih baik lagi ke depannya,” tutup Tamzil yang sudah 38 tahun mengabdi sebagai ASN di HST ini.

Baca Juga: Saban Effendi-Habib Didil Mantap Menuju Pilkada HST

Baca JugaBoyong Para Habib, Abdillah Menuju Pilkada HST 2020

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah