apahabar.com
Ketua KPPI Kalsel, Hj Dewi Damayanti Said (kiri) bersama Kamariatul Herlina, ketua panitia pelaksana pelantikan KPPI Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN –Upaya mendorong partisipasi perempuan di parlemen terus dilakukan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kalsel.

Memang selama ini, keterwakilan kaum hawa di parlemen masih di bawah 30 persen. Padahal telah diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik dan UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Ditemui usai rapat bersama anggotanya di ruang Komisi II DPRD Provinsi Kalsel,. Ketua KPPI Kalsel, Hj Dewi Damayanti Said mengungkapkan, tujuan dibentuknya organisasi ini.

Saat ini keterwakilan kaum perempuan masih terbilang rendah dan belum sepenuhnya mencapai 30 persen. “Saat ini sih, di Kalsel belum tercapai 30 persen itu, kalau di seluruh Indonesia sedang berjuang juga,” katanya.

Tak hanya memberikan edukasi dan wadah berorganisasi bagi para politikus perempuan, keberadaan kaukus tersebut juga menjadi sarana untuk memberikan motivasi agar kaum perempuan berani dan mampu untuk maju dalam politik.

Hal ini, menurutnya, tak dapat hanya mengandalkan organisasi, namun juga harus mendapatkan dukungan dari masing-masing partai.

Politisi perempuan Partai Golkar yang pada Pemilu Legislatif 2019 lalu meraih dukungan terbanyak untuk Dapil Kalsel 1 yang meliputi Kota Banjarmasin ini juga menjelaskan, dengan adanya wadah bernaung bagi politisi perempuan, maka diharapkan akan berdampak positif dalam pemilu yang akan datang.

Sehingga dominasi politisi pria dapat lebih seimbang dengan adanya keterwakilan kaum perempuan, setidaknya 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU.

“Nantinya akan ada pelatihan-pelatihan, yang secara teknis mempersiapkan mental perempuan untuk berjuang maju ke parlemen,” tambahnya ketika ditanya terkait upaya apa saja yang akan dilakukan oleh KPPI.

Organisasi yang baru akan dilantik secara resmi pada bulan depan ini juga sudah memiliki 26 pengurus dari seluruh partai politik di Kalimantan Selatan, yang sebagian di antaranya juga sudah duduk sebagai wakil rakyat.

Baca Juga: Rayakan Hari Jadi Bersama, Pepabri dan FKPPI Dipuji Paman Birin

Baca Juga: Paman Birin Apresiasi Politeknik Negeri Tanah Laut

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif