apahabar.com
Paman Birin saat peresmian Command Center di Kantor Setda Provinsi Kalsel, Jumat pagi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Usai apel siaga darurat bencana, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor langsung meresmikan Command Centre di kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Jumat (17/1) pagi.

“Era hari ini era digital, kita butuh informasi cepat dan akurat,” kata Paman Birin sapaan akrab Sahbirin kepada awak media

Untuk menjadikan Kalsel maju dan terdepan, Paman Birin ingin menjadikan salah satu provinsi tertua di Indonesia ini menjadi kawasan yang modern dan beradab.

“Ini yang sedang kita lakukan untuk membangun basis kekinian dan berbudaya,” kata dia.

Seiring perkembangan zaman, tak hanya kecepatan informasi yang dibutuhkan namun juga soal keakuratannya. Sumber data yang salah dapat menimbulkan permasalahan ke depannya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo dan Informatika, Gusti Yanuar Noor Rifai dalam sambutannya memaparkan Command Center berfungsi sebagai monitoring terkait perencanaan pembangunan serta pengambilan kebijakan. Serta dapat melakukan video conference.

“Utamanya bisa melihat bencana. Ketika ada kebakaran misalnya bisa tersambung ke BPBD,” kata Rifai.

Aplikasi “Lapor Paman” pun telah diintegrasikan untuk pelayanan publik lebih luas lagi. Pada tahun lalu, laporan masyarakat terus meningkat, sehingga pengaduan akan lebih cepat tersampaikan lewat platform ini.

“Lapor Paman akan terus disosialisasikan karena harus punya aplikasinya,” tuturnya

Baca Juga : Kalimantan Selatan Hujan Lagi, Simak Ramalan BMKG

Baca Juga : Residivis Bongkar Rumah di Banjarbaru, Puluhan Laptop Diamankan

Reporter: Musnita Sari