BMKG: Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Teror Perampasan Motor di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Oknum Polisi! Sentuh Ratusan Juta, Perputaran Uang di Festival Pasar Terapung 2022 Norman Marciano Apresiasi Priska Medelyn Usai Juara Tunggal dan Ganda W15K Monastir Di Tengah Situasi Krisis Global, FAO dan IRRI Puji Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia
agustus

Makan Durian Saat Perut Kosong Bahayakan Lambung?

- Apahabar.com     Senin, 13 Januari 2020 - 06:30 WITA

Makan Durian Saat Perut Kosong Bahayakan Lambung?

Nikmatnya durian. Foto-AFP

apahabar.com, JAKARTA – Musim durian. Di pinggir-pinggir jalan kini berjejer penjual buah dengan kulit berduri ini. Namun, beberapa orang mengatakan menyantap buah berdaging putih atau kuning itu bisa membahayakan lambung apabila dimakan dalam keadaan perut kosong.

Benar begitu?

Akademisi dan praktisi klinis dokter Ari Fahrial Syam menyebut hal itu tergantung dari kondisi kesehatan lambung orang tersebut. “Kalau memang pasien sedang serangan akut, lagi sakit mag-nya kambuh, begah, itu memang tidak dianjurkan makan duren,” kata Ari Fahrial.

Ia mengatakan, buah durian memang mengandung gas. Sehingga, tidak direkomendasikan pada orang-orang dengan kondisi tertentu. Namun, apabila orang tersebut memiliki kondisi lambung yang tenang, boleh-boleh saja menyantap buah dengan aroma khas nan tajam ini.

“Tapi tetap tidak boleh berlebihan. Karena tetap durian mengandung gas. Tapi kalau orangnya tenang dan baik tapi kalau makan berlebihan, memicu gasnya bisa juga jadi makin kambuh,” kata pria yang juga Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo ini.

Ari mengatakan tidak ada makanan atau minuman tertentu yang harus disertakan ketika makan durian agar tubuh terhindar dari masalah. Namun, hindari mengonsumsi durian secara berlebihan. Lalu, hindari juga mengonsumsi buah ini dengan makanan lain tinggi kalori.

“Durian itu kan kalorinya tinggi. Jadi, ada pasien-pasien yang mengalami stroke, serangan jantung, setelah makan durian banyak,” kata Ari.

Menurutnya, hal ini bisa terjadi ketika seseorang makan durian berlebihan, lalu mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

“Beban jantung jadi keras untuk bekerja, dalam kalori yang masuk tersebut. Akhirnya ya tadi, peningkatan jalur gula darah tinggi naik, bisa serangan jantung. Itu yang bahaya dari makan durian berlebihan,” kata Ari menambahkan.

Baca Juga: TikTok Perbarui Kebijakan untuk Perangi Hoaks

Baca Juga: Rahasia Mooryati Soedibyo Tetap Cantik dan Bugar di Usia 92 Tahun

Sumber: Liputan6.com
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Menilik Kampung Mualaf Di Desa Loksado  
Polda

Tak Berkategori

Curi Aset Perusahaan, Puluhan Pekerja Tambang Diamankan Jatanras Polda Kaltim
Grand Final LIDA 2021

Tak Berkategori

Grand Final LIDA 2021: Digojlok Tiga Lagu Sekaligus, Ratna Sukses Bikin Mewek, Soimah Dukung Jadi Juara
apahabar.com

Tak Berkategori

1.300 Tahun Terpendam, Fungsi Azimat Kuno Mesir Terkuak
apahabar.com

Tak Berkategori

Minggu Siang, Kotabaru dan Tanjung BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Tak Berkategori

WHO: Pemulihan Bisa Lebih Cepat Bila Vaksin Covid-19 Merata
apahabar.com

Tak Berkategori

Jemaah Balik Kanan, Arus Lalin Belum Normal

Tak Berkategori

Lesti Kejora Melahirkan Bayi Prematur, Rizky Billar Batalkan Semua Jadwal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com