Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin Pak Jokowi! Siswa Peserta Vaksinasi Banjarmasin Tak Mau Sepeda Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel

Mengira Pesawat Musuh, Operator Rudal Iran Tembak Pesawat Ukraina

- Apahabar.com     Minggu, 12 Januari 2020 - 14:26 WITA

Mengira Pesawat Musuh, Operator Rudal Iran Tembak Pesawat Ukraina

Puing pesawat Ukraine International Airlines yag jatuh karena ditembak rudal Iran. Sumber: Foto-AP Photo/Ebrahim Noroozi

apahabar.com. TEHERAN – Mengira sebagai target musuh, operator rudal Iran terpaksa putuskan tembak jatuh pesawat Ukraine International Airlines lantaran gangguan komunikasi.

Dalam pernyataan yang disiarkan stasiun televisi pemerintah Iran, seperti dilansir AFP, Sabtu (11/1), komandan dirgantara Garda Revolusi Iran, Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh menyatakan bahwa operator rudal terpaksa menembakkan rudal itu secara independen karena adanya gangguan komunikasi.

Komandan Garda Revolusi itu menyatakan, personel militer yang menjadi operator rudal itu keliru mengira pesawat Boeing 737 milik maskapai Ukraina sebagai “rudal jelajah” dan dia hanya punya waktu sepuluh detik untuk memutuskan apakah akan menembakkan rudal atau tidak.

“Saya menerima tanggung jawab penuh dan saya akan mematuhi keputusan apapun yang diambil,” ujar Hajizadeh. “Saya lebih memilih mati daripada menyaksikan kejadian seperti itu,” imbuhnya.

Pengakuan militer Iran mengenai penembakan pesawat sipil Ukraina itu disampaikan hari Sabtu ini, setelah pemerintah Iran berulang kali membantah tuduhan negara-negara Barat bahwa pihaknya bertanggung jawab atas tragedi itu.

Pesawat penumpang tersebut ditembak jatuh pada Rabu (8/1) pagi waktu setempat, beberapa jam setelah Iran melancarkan serangan rudal balistik ke dua pangkalan militer di Irak yang menjadi markas pasukan Amerika Serikat. Serangan rudal itu sebagai pembalasan atas tewasnya jenderal Iran, Qassem Soleimani dalam serangan udara AS di Baghdad, Irak.

Pesawat diketahui membawa 176 orang yang terdiri atas 167 penumpang dan 9 awak pesawat. Semuanya dipastikan tewas. Data dari otoritas setempat menyebut pesawat itu membawa 82 warga Iran, 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman, dan tiga warga Inggris.

Baca Juga: Pesawat Ukraina Jatuh Terkena Rudal, Presiden Iran: Kami Tak Sengaja

Baca Juga: Disaat Iran-AS Memanas, Jokowi Kunjungi Abu Dhabi

Sumber: detikcom
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Siapa Gantikan Kim Jong Un Jika Korut Hadapi Suksesi?
apahabar.com

Nasional

Pelantikan Presiden dan Anggota DPR 2024 Memungkinkan di Ibu Kota Baru
Kawal Wacana PPN

Nasional

Kawal Wacana PPN 12%, DPR: Insyaallah Tak Terjadi
apahabar.com

Nasional

Jubir: Orang dari Episentrum Covid-19 Harus Isolasi Diri
apahabar.com

Nasional

Lagi, KPU Temukan Warga Asing Masuk Daftar Pemilih Tetap
apahabar.com

Nasional

Letusan Merapi Picu Hujan Abu
apahabar.com

Nasional

Kabar Ruang Hasto Akan Disegel KPK, Djarot Belum Bisa Komentar Banyak
Jokowi

Nasional

Soal Poros Maritim Dunia, Jokowi: Jangan Hanya Jargon tapi Kerja Nyata
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com