apahabar.com
Bupati Banjar Khalilurrahman saat meninjau ke dalam mobil Pelayanan Administrasi Penduduk (Pelanduk), Senin (13/1). Foto- apahabar.com/hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Pelayanan administrasi kependudukan (Disdukcapil Kabupaten Banjar diperluas. Hal itu dilakukan, setelah dilaunchingnya mobil Pelayanan Administrasi Penduduk (Pelanduk) usai apel gabungan, Senin (13/1).

Dalam mobil Pelanduk tersedia seluruh pelayanan administrasi masyarakat, tanpa terkecuali perekaman e-KTP. Rencananya, mobil ini akan dioperasikan untuk melayani masyarakat di kecamatan-kecamatan yang jauh di Kabupaten Banjar.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjar, Azwar mengungkapkan, mobil Pelanduk ini menambah cakupan lebih luas pelayanan untuk masyarakat.

“Nantinya akan beroperasi ke seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar yang jauh seperti Aluh-aluh, Sungai Pinang dan Paramasan,” ucapnya.

Untuk operasi ke kecamatan atau desa, lanjut Azwar, pihaknya akan turun jika ada permintaan dari pemerintah setempat.

“Seperti contoh di Sungai Lulut Sungai Tabuk, dalam waktu dekat ini kita akan ke sana karena sudah ada permintaan melalui surat yang masuk,” tuturnya.

Langkah seperti ini dilakukan agar tim yang turun ke lapangan benar-benar ada yang dilayani.

“Makanya kita tidak menetapkan jadwal, tetapi sesuai permintaan, untuk mempermudah masyarakat,” ungkapnya.

Khusus hari Minggu, mobil Pelanduk akan aktif stand bye di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura.

Sementara itu, Bupati Banjar KH Khalilurrahman usai meninjau dan melakukan perekaman mata di mobil online tersebut, ia berharap memudahkan masyarakat untuk melakukan perekaman E- KTP.

“Alhamdulillah Kabupaten Banjar me-launching mobil Pelanduk. Mudah-mudahan dengan adanya mobil ini nanti Disdukcapil menjadwalkan kegiatan ke kecamatan-kecamatan untuk melayani penduduk dalam pembuatan E-KTP,” harap Bupati Banjar.

apahabar.com

Untuk diketahui, Disdukcapil Banjar dalam waktu dekat ini bakal melebarkan sayap pelayanannya dengan membuka UPT Disdukcapil di Kecamatan Mataraman dan Gambut.

Baca Juga: Tolak Tudingan Uang Pelicin, Begini Alasan Disdukcapil Batola Tentang KTP

Baca Juga: DPRD Banjarmasin: Perlu Adanya Evaluasi UU Pengadaan Blangko e-KTP

Reporter: AHC 22
Editor: Muhammad Bulkini