Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Mulai Digelar, Musrenbang Kecamatan di HST Serap Aspirasi Warga

- Apahabar.com Rabu, 29 Januari 2020 - 10:08 WIB

Mulai Digelar, Musrenbang Kecamatan di HST Serap Aspirasi Warga

Wabup HST Berry Nahdian Forqan membuka secara resmi Musrenbang RKPD 2020 tingkat kecamatan di Gedung Serba Guna Pandawan, Selasa (28/1). Foto: Artha/Kominfo HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 tingkat kecamatan di Hulu Sungai Tengah (HST) mulai digelar.

Dimulai sejak kemarin, Selasa 28 Januari, 11 kecamatan yang ada di HST akan menyusun program-program strategis sebagai rancangan awal pembangunan. Kegiatan itu diagendakan tiap Senin, Selasa, Rabu dan Kamis hingga berakhir pada Kamis, 13 Februari nanti.

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan berharap penyelenggaraan Musrenbang itu tidak dijadikan sebagai agenda biasa seperti seremonial belaka atau ritual tahunan.

“Tetapi dimaknai sebagai wadah yang disediakan oleh pemerintah untuk membahas dan menyepakati usulan -usulan dari tingkat desa,” ujar Berry.

Sebab, kata Berry, hasil Musrenbang di kecamatan pada 2020 ini akan dijadikan masukan dalam menyusun RKPD. Tujuannya agar menghasilkan usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan keperluan masyarakat.

“Ini sebagai wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah. Karena perencanaan yang baik harus dari bawah sebagai sebuah proses pembangunan,” kata Berry lagi saat membuka Musrenbang di Kecamatan Pandawan, Selasa, (28/1).

Berry menekankan tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD di kecamatan adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa. Tentunya itu harus menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Karena itu dia meminta pada Musrenbang, setiap permasalahan di desa-desa tiap kecamatan agar diserap dan diverifikasi dengan baik. Terlebih terhadap situasi, kondisi dan perkembangan masyarakat.

“Ini terkait kepekaan terhadap potensi yang ada di wilayah kecamatan. Pada saat Musrenbang yang disampaikan tidak semata-mata usulan program fisik, melainkan juga usulan program yang mampu meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam,” jelas Berry.

Baca Juga: HGN ke-60, Wabup Berry Ajak Siswa MAN 1 HST Hidup Sehat

Baca Juga: Sekda HST: Clean and Good Goverment Modal Pertahankan Opini WTP

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Musrenbang RKPD 2021, Susun Program Prioritas Pembangunan HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kunjungi HST, Paman Birin Terima Saran dari Bupati
APBD

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tok! APBD HST 2021 Ditetapkan Rp 1,18 T, Simak Rinciannya
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Festival Pekan Muharam ke-IV di HST, Ratusan Siswa Ikut Berpartisipasi Lomba PAI
Pasca Tragedi Minahasa, FKUB HST Deklarasi Jaga Kamtibmas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pasca Tragedi Minahasa, FKUB HST Deklarasi Jaga Kamtibmas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pastikan Bapok Aman Saat Iduladha, TPID Sidak ke Pasar Barabai
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Gandeng IWAPI, TP PKK HST Gelar Aksi Sosial Cegah Penyebaran Corona
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

IKPM Gontor Kalsel Beri Penghargaan untuk Bupati Chairansyah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com