apahabar.com
Komunitas ojek gratis Haul Guru Sekumpul. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

apahabar.com, MARTAPURA – Partisipasi terus mengalir jelang haul ke-15 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul. Komunitas tukang ojek siap membantu jamaah untuk ke areal haul atau berziarah. Semua tak dipungut bayar alias gratis.

Ketua Relawan Ojek Gratis Haul Guru Sekumpul, Syafi’i mengatakan, transportasi untuk jamaah telah ada sejak setahun lalu.  Bahkan kini anggota bertambah, kini sekitar 30 orang.

Dikatakanya, komunitas ini kebanyakan dari mereka yang berprofesi sebagai tukang ojek online. Tapi ada juga masyarakat umumnya yang bersedia untuk berpartisipasi.

Syafi’i mengatakan, dirinya berinisiatif membuat relawan ojek gratis haul dan ziarah dan menjadi ketua karena pada tahun sebelumnya para ojek gratis tersebut tidak ada yang mengepalai. “Maklum waktu itu kami perorangan belum ada persatuannya,” ucapnya.

Lelaki yang akrab disapa Fi’i ini menegaskan, komunitasnya siap menjemput para peziarah kapan saja.

“Kami juga bisa antar jemput jamaah, namun untuk kegiatan malam Senin pembacaan maulid di Sekumpul kami hanya bisa menjemput. Untuk ngantar kebiasaan jamaah mencari driver yang ada di sekitar wilayah kubah,” ungkapnya.

Dari keseluruhan anggota tersebut, Fi’i mengungkapkan, masih banyak para sukarelawan ojek gratis yang masih belum terdata. “Namun kami berharap yang belum terdata ini bisa secepatnya bergabung agar kita lebih mudah membantu para jamaah Abah Guru Sekumpul,” tuturnya.

Fi’i menjelaskan untuk pemesanan jasa relawan ojek gratis tidak ribet. Jamaah harus menchat atau menelpon para driver melalui nomer yang sudah disebarnya di sosil media dan dibagikan oleh Posko induk Sekumpul.

“Dan pada saat haul nanti kami akan membuat beberapa grup Whatsapp dan akan kami masukkan kontak para jamaah untuk mempermudah mereka melakukan pemesanan,” ucapnya.

Safi’I mengungkapkan bahwa saat ini saja sudah banyak yang menanyakan terkait organisasi ojek gratis mereka. “Kami bangga bisa membantu tamu-tamu Abah Guru, semoga apa yang kami lakukan ini menjadi pahala,” harapnya.

Baca Juga: Gandeng Bank Kalsel, Masyarakat Bisa Bayar PBB di Aplikasi Gojek

Baca Juga: Sebelum Haul Guru Sekumpul, PUPR Banjar Selesaikan Perbaikan Jalan Rusak

Reporter: AHC 15

Editor: Syarif