Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Pakar Pendidikan: Generasi Islam, Generasi Unggul

- Apahabar.com     Rabu, 1 Januari 2020 - 05:15 WITA

Pakar Pendidikan: Generasi Islam, Generasi Unggul

Prof Rochmat Wahab. Foto-Republika/Nico Kurnia Jati

apahabar.com, SURABAYA – Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menyatakan, sudah semestinya generasi Islam adalah generasi yang unggul.

Karena, kata dia, Islam adalah unggul dan tidak ada yang bisa mengungguli. Artinya, orang yang memutuskan memeluk agama Islam, maka orang tersebut adalah orang yang unggul, termasuk generasi mudanya.

“Inilah yang sebenarnya peluang bagi kita untuk menuju ke sana. Jadi sebenarnya Islam itu sendiri sudah mensifati, siapa yang mengambil pilihan agama itu maka dia akan unggul dengan sendirinya,” ujar Rochmat saat memberikan tausiyahnya di acara Tabligh Akbar Republika di Masjid Jogokariyan, Jalan Jogokaryan nomor 36, Mantrijeron, Yogyakarta, Selasa (31/12).

Pakar pendidikan itu tidak memungkiri, masih adanya generasi Islam yang kemampuan maupun pengetahuannya di bawah rata-rata. Itu menurutnya menjadi tugas bersama, tidak saja orang tua, tetapi juga sekolah dan masyarakat, untuk bersama-sama bahu membahu menciptakan generasi unggul tersebut.

“Karena hidup ini bukan lahir begitu saja sampai mati. Tapi kita sebagai manusia hidup ini berproses dari yang lemah menjadi kuat, menjadi lebih kuat. Dari yang biasa, menjadi unggul, menjadi lebih unggul,” ujar Rochmat.

Rochmat kemudian mengungkapkan, semua pihak harus terlibat untuk mencetak generasi unggul. Generasi unggul yang dimaksudnya adalah generasi yang intelektualnya baik, emosinya baik, dan spiritualnya juga baik. Artinya, hidup generasi muda tersebut utuh.

“Inilah yang harus kita perjuangkan bagaiman hidup kita ini menjadi utuh. Tidak bisa oleh orang tuanya saja, sekolah saja, semua harus bersama-sama. Sekolah, orang tua, masyarakat, media, dan lembaga keagamaan,” ujar Rochmat.

Rochmat menegaskan, biar bagaimana pun generasi muda tersebut tidak bisa bergerak senidiri untuk bisa menjadi unggul. Harus ada keteladanan mulai dari orang tua, sekolah dan, masyarakat. Termasuk agar generasi muda yang ada memiliki ahlak yang baik, serta kesehatan yang baik.

Baca Juga: Islam Tidak Miliki Kontradiksi dengan Sains

Baca Juga: ‘Studi Banding’ ke PCNU Banjar, Rais Syuriah NU HST: Kami Datang ke Tempat yang…

Sumber: Khazanah Republika co.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Di Bawah Pantauan Kamera Thermal, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka
apahabar.com

Habar

Dishub Siap Tangani Jalur di Haul Tuan Guru Anang Sya’arani Arif

Habar

Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat

Habar

Saudi Keluarkan Panduan Ibadah Ramadan di Dua Kota Suci
apahabar.com

Habar

Gara-gara Covid-19, Kedah Batalkan Bazar Ramadan dan Idul Fitri
apahabar.com

Habar

Cerita Ustaz Hamdani Asal HST Sebelum Jadi Penceramah Kondang
haji reguler

Habar

Begini Prosedur Membatalkan Pendaftaran Haji Reguler
apahabar.com

Habar

Mulai Hari Ini, Saudi Hanya Izinkan 6.000 Jemaah Umrah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com