Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan

Permudah Layanan, Polsek Berangas Pindah Lokasi

- Apahabar.com     Jumat, 31 Januari 2020 - 15:13 WITA

Permudah Layanan, Polsek Berangas Pindah Lokasi

Kapolres Barito Kuala, AKBP Bagus Suseno, bersama Wakapolres Kompol Jatmiko, melakukan pemancangan pondasi pembangunan markas baru Polsek Berangas. Foto-Humas Polres Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Menyesuaikan perkembangan kawasan yang terus berubah, Polsek Berangas, Kabupaten Barito Kuala (Batola) akhirnya berpindah domisili.

Dari sebelumnya bertempat di Ray 17 Kelurahan Berangas Barat, sekarang Mapolsek Berangas pindah ke Jalan Trans Kalimantan, tepatnya Kompleks Grand Purnama II Desa Tatah Mesjid.

Prosesi pemindahan tersebut diawali pemancangan pondasi pembangunan markas baru oleh Kapolres Barito Kuala, AKBP Bagus Suseno, Kamis (30/1).

Tak cuma dihadiri PJU Polres Batola, pemancangan pondasi dihadiri Direksi PT Pesona Purnama yang merupakan developer Grand Purnama II, serta sejumlah donator dan perwakilan pengembang perumahan di Alalak.

“Kami berterima kasih kepada semua donatur yang peduli dan berpartisipasi dalam pembangunan swadaya Mapolsek Berangas ini,” papar Bagus.

Mapolsek Berangas yang baru direncanakan dibangun di atas tanah seluas 1.200 meter persegi. Tanah tersebut dihibahkan PT Pesona Purnama sejak 2016.

Kepindahan tersebut juga menyikapi perkembangan di sekitar Desa Tatah Mesjid seperti Desa Semangat Dalam, Kelurahan Handil Bakti, Belandean dan Belandean Muara yang dilintasi Jalan Trans Kalimantan.

Bahkan dari 18 kelurahan maupun desa di Alalak, laju pertumbuhan penduduk di Semangat Dalam dan Handil Bakti terbilang tinggi.

Menukil data Badan Pusat Statistik (BPS) Batola 2019, jumlah penduduk Semangat Dalam mencapai 11.738 orang atau terpadat dari desa-desa lain di Bumi Selidah.

Sedangkan penduduk Handil Bakti yang berjumlah 7.830 jiwa, lebih banyak dari jumlah penduduk di Kecamatan Jejangkit dan Kuripan.

Jumlah penduduk tersebut berkorelasi dengan kebutuhan masyarakat, termasuk imbas negatif seperti peredaran obat-obatan terlarang dan tindak kriminal lain.

“Seiring kepindahan lokasi, kami sekaligus mempermudah masyarakat yang ingin membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), laporan maupun keperluan lain,” sahut Kapolsek Berangas Ipda Misriadi.

“Dibandingkan dengan kantor lama, posisi kantor baru memang lebih dekat dan mudah dijangkau dari berbagai desa maupun kelurahan lain di Alalak,” tandasnya.

Polsek Berangas sendiri terbilang unik dibandingkan Polsek-Polsek lain di Batola. Ketika semua Polsek menggunakan nama kecamatan sebagai identitas, Polsek Berangas justru diembeli nama kelurahan.

Penamaan ini berhubungan dengan sejarah Alalak. Sebelum Batola menjadi kabupaten, Alalak bahkan sudah berbentuk kecamatan dan menjadi bagian dari Kewedanaan Banjar.

Ibukota Alalak adalah Kelurahan Berangas Barat sampai pertengahan 2000. Kawasan ini terbilang ramai, karena berbatasan langsung dengan Banjarmasin.

Selanjutnya sejak pertengahan 2000, kantor kecamatan yang berada di Berangas Barat dipindah ke eks Kantor Pembantu Bupati di Handil Bakti.

Kepindahan ini otomatis membuat Handil Bakti menjadi ibukota Alalak, sekaligus meningkatkan status kawasan ini dari desa menjadi kelurahan.

Baca Juga: Pandangan Kapolsek Tapin, Setelah Aksi Bobol ATM ‘Air’ karena Miras

Baca Juga: Polsek Tapin Utara Tangkap Budak Sabu  

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jelang Ramadan, Stok Daging Sapi di Banjarmasin Aman
apahabar.com

Kalsel

Disdik Janji Awasi Siswa yang Masuk PPDB Jalur Prestasi
apahabar.com

Kalsel

Geger, Pasien Berobat di RS Ulin Meninggal Mendadak
apahabar.com

Kalsel

Hari ini, Ratusan ASN Kotabaru dapat SK Naik Pangkat di Puncak Meranti
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Satgas Karhutla Kalsel Amankan Terduga Pembakar Lahan
apahabar.com

Kalsel

1 Kg Sabu di Tala, Sopir HSU Tergiur Upah Puluhan Juta
apahabar.com

Kalsel

Kalimantan Selatan Masih Diguyur Hujan
Makanku Peduli

Kalsel

Makanku Peduli Korban Banjir Kalsel, Sebar Bantuan hingga Pelosok yang Sulit Terjangkau
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com