Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Program ‘Singgahi Bawaslu’, Upaya Menurunkan Tingkat Kecurangan Pilkada 2020

- Apahabar.com Sabtu, 11 Januari 2020 - 12:10 WIB

Program ‘Singgahi Bawaslu’, Upaya Menurunkan Tingkat Kecurangan Pilkada 2020

Diskusi dan sharing seputar Pilkada 2020, Bawaslu Banjarmasin mengundang pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Banjarmasin dan mahasiswa BEM UIN Antasari. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada Pemilu 2019 banyak beredar video kecurangan di media sosial maupun sejumlah pemberitaan. Masyarakat pun menyorot kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Untuk Pilkada 2020, Bawaslu Kota Banjarmasin mempunyai cara tersendiri mengambil kepercayaan rakyat itu. Salah satunya dengan memulai program ‘Singgahi Bawaslu’.

Kegiatan Diskusi dan Sharing seputaran Pilkada yang mengundang pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Banjarmasin dan mahasiswa BEM UIN Antasari.

Rahmadiansyah koordinator Pencegahan dan Hubal selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan kegiatan ini untuk bertujuan untuk mengembangkan pengawasan partisipatif pemilihan kepala daerah.

“Singgahi Bawaslu merupakan pengembangan dari pengawasan partisipatif yang sudah dirancang Bawaslu RI,” ujarnya.

Selain itu, Rahmadi juga menyebutkan kegiatan yang di bikin minimalis ini adalah upaya Bawaslu Kota Banjarmasin untuk menyerap permasalahan-permasalahan pada pelaksanaan Pemilu.

“Dari seluruh elemen untuk dijadikan rekomendasi perbaikan kepada penyelenggara pemilu,” pungkasnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Banjarmasin, Faisal menyoroti terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang masih belum beres pada pelaksanaan Pemilu 2019 lalu. Sebab harus beberapa kali dilakukan penyelenggara pemilu.

“Menuju revolusi 4.0 perbaikan DPT harus dilakukan efisien, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor KPU atau tempat di tunjuk untuk mengetahui dia terdaftar. Cukup dengan SMS info yang dikirim ke pemilih yang menyatakan dirinya terdaftar,” tegasnya.

Menurut Rizal Ketua BEM UIN Antasari Banjarmasin, mahasiswa yang merupakan agen of control social harus diberikan porsi lebih sebagai pelopor dalam melapor, dengan di berikan pelatihan yang intensif dan kontinuitas.

“Mahasiswa harus terlibat aktif dan diberikan porsi lebih dalam membantu pengawasan sehingga menjadi pelopor dalam melapor.” Katanya.

Adapun kegiatan Singgahi Bawaslu akan terus digelar Bawaslu Kota Banjarmasin jadwal 2 kali sebulan dengan mengundang stakeholders dan masyarakat.

Baca Juga: Hadapi Pilkada 2020, Kapolresta Banjarmasin Minta Personel Bersiap

Baca Juga: Pilkada 2020, Kemendagri Tahan Izin Mutasi Pejabat di Daerah

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Satpolairud

Kalsel

‘Jumat Peduli Sesama’, Satpolairud Polres Tanbu Sapa Warga Kurang Mampu
apahabar.com

Kalsel

Bagi 500 Paket Sembako, Fahrani Utamakan Kader Ansor dan Warga Terdampak Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Pengamat: Perempuan Jangan Hanya Modal Cantik Terjun Dunia Politik
Cuaca

Banjarbaru

Cuaca Buruk, Satu Pesawat Tujuan Banjarmasin Dialihkan ke Balikpapan
apahabar.com

Kalsel

Dapat Sembako dari Dit Intelkam Polda Kalsel, Nenek Nuriyah Terima dengan Haru
apahabar.com

Kalsel

7 Tips Parkir Kendaraan Saat Haul Sekumpul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Basirih yang Tewaskan 2 Pengendara
apahabar.com

Kalsel

Inilah 20 Finalis Atak Diang Batola 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com