Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas Jalan Provinsi di HSU Rusak Parah, Truk Bermuatan Semen Amblas Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2

Ratusan Warga Berduyun-duyun Siapkan Imlek di Kuta Bali

- Apahabar.com     Sabtu, 18 Januari 2020 - 19:29 WITA

Ratusan Warga Berduyun-duyun Siapkan Imlek di Kuta Bali

Warga membersihkan patung Dewa-Dewi di Vihara Dharmayana, Kuta, Bali, Sabtu (18/1/2020). ANTARA/Fikri Yusuf

apahabar.com, BADUNG – Ratusan warga etnis Tionghoa di Bali mulai mempersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek 2571.

Mereka melakukan berbagai persiapan di Vihara Dharmayana Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

“Hari ini kami melaksanakan bersih-bersih Rupang atau arca, melakukan bersih-bersih lingkungan, memasang lampion dan mempersiapkan area sekitarnya menjelang Tahun Baru Imlek,” ujar Kelian Banjar Dharma Semadi Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, di Mangupura, Sabtu (18/1).

Dalam kesempatan tersebut, sekitar 200 orang yang merupakan keluarga besar Banjar Dharma Semadi Kuta melakukan pencucian terhadap lebih dari 70 rupang atau patung dewa.

Adi Dharmaja menjelaskan, sebelum melakukan ritual pembersihan, para umat terlebih dahulu melakukan persembahyangan bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon izin sebelum melakukan pembersihan sekaligus mengantarkan para dewa ke kayangan.

“Makna dari kami bersembahyang itu selain memohon izin, kami juga mengantarkan para dewa-dewi yang ada di sini ke kayangan baru setelah itu kami boleh membersihkan area vihara atau tempat ibadah. Pada tanggal 23 Januari nanti, kami percaya para dewa akan kembali datang ke tempat ini,” katanya.

Selain melakukan pencucian rupang, warga terlihat membersihkan bangunan vihara, mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan ibadah serta memasang ratusan lampion untuk menambah semarak perayaan Tahun Baru Imlek di vihara yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan daru berbagai negara itu.

Adi Dharmaja mengatakan, prosesi pencucian rupang dan pembersihan kawasan vihara itu merupakan rutinitas yang selalu dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Imlek setiap tahunnya.

“Biasanya kami lakukan satu minggu sebelum Tahun Baru Imlek itu tanggal 24 bulan 12 Lunar Imlek yang tahun ini jatuh pada tanggal 18 Januari hari ini,” ujarnya..

Ia menambahkan, setelah melakukan persiapan menyambut Imlek, pada 24 Januari mendatang, warga akan melakukan persembahyangan di rumah masing-masing sebagai rasa hormat bakti kepada orang tua dan leluhur sekaligus mengucapkan syukur terhadap apa yang sudah dilalui selama satu tahun sebelumnya

“Besoknya pada tanggal 25 Januari baru setelah sembahyang di rumah warga akan mengunjungi tempat ibadah serta bersilaturahmi saling mengunjungi satu sama lain,” katanya. (Ant)

Baca Juga: Imlek di Tahun Politik, Begini Harapan Umat Konghucu Banjarmasin

Baca Juga: Kunjungi Warga Tionghoa, Isran Nikmati Soto Imlek

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

3,5 Juta Vaksin Moderna Tiba di Indonesia
Harga Pakan

Nasional

Peternak Menjerit, Jokowi Minta Harga Pakan Turun ke Rp 4.500
apahabar.com

Nasional

Tsunami Menyapu Keceriaan Malam Minggu di Sekitar Selat Sunda
apahabar.com

Nasional

Transaksi Alipay Dukung Pariwisata Bali Berkualitas
apahabar.com

Nasional

FPI Jateng: Petisi Penolakan Izin Tak Akan Pengaruhi Pemerintah
apahabar.com

Nasional

Respon Lion Air soal Kemunculan Kalajengking di Kabin
apahabar.com

Nasional

Petani Pidie Terancam Gagal Panen
apahabar.com

Nasional

Baku Tembak di Intan Jaya, Dua Nyawa Melayang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com