apahabar.com
Haul Guru Sekumpul selalu dibanjiri jamaah. Foto-dok/apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Menjelang Haul Abah Guru Sekumpu ke-15, Dinas PUPR Kabupaten Banjar berupaya melakukan perbaikan jalan untuk menunjang kelancaran haul.

Kabid Bina Marga PUPR Banjar, Ahmad Solhan, mengatakan perbaikan atau pemeliharaan jalan merupakan kegiatan rutin tahunan.

Hanya saja menurutnya, menempatkan waktunya di momen Haul Guru Sekumpul.

“Di sini namanya pemeliharaan rutin. Tidak bagus juga kalau Sekumpul yang ditonjolkan, nanti pemanfaatan anggaran kita salah nanti,” ujar Solhan kepada apahabar.com.

Ia membeberkan, pemeliharaan jalan ini dilakukan di semua akses jalan menuju Sekumpul.

Seperti di Jalan pendidikan, Sekumpul Raya, dan lainnya yang berdekatan dengan Sekumpul.

Selain itu, jalan di Desa Pingaran Ulu dan Pingaran Ilir di Kecamatan Astambul dan Desa Tabak Baru Ulu, Tambak Baru Ilir, dan Tambak Baru di Kecamatan Martapura, tak luput jadi perhatian.

Pasalnya di sana memang banyak terdapat jalan berlobang. Sementara di lokasi itu merupakan jalan pemecah lalu lintas bagi jamaah haul nantinya.

Saat ini ungkapnya, masih mendata di mana saja jalan yang rusak dan mesti diperbaiki.

“Kami juga menunggu hasil rapat dari kepolisian, jalan mana saja yang bakal dilewati jamaah. Semwntara saat ini masih acak melakukan perbaikan,” katanya.

Solhan menjelaskan, pemeliharaan sebatas tambal sulam menggunakan anggaran pemeliharaan rutin. Sebab, untuk pengaspalan harus mengeluarkan biaya besar melalui dana APBN.

“APBD hanya cukup untuk perawatan rutin,” kata Solhan menjelaskan pengerjaan pemeliharaan jalan akan selesai sebelum Haul Guru Sekumpul pada 28 Februari – 1 Maret 2020.

apahabar.com
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Banjar, Ahmad Solhan. Foto-apahabar.com/hendra

Baca Juga: Jelang Haul Sekumpul, Dinas PUPR Kalsel Rampungkan Dua Pelebaran Jembatan

Baca Juga: Hindari Kampanye Terselubung, Bawaslu Banjar Imbau Hormati Haul Sekumpul

Reporter: Ahc22
Editor: Syarif