apahabar.com
Rapat persiapan HPN antara PWI Kalsel dan Pemprov Kalsel, Rabu (15/1) di Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru. Foto- istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 bakal di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 6-10 Februari 2020.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Haris Makkie melihat kegiatan ini sebagai suatu kepercayaan yang diberikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Sesuai arahan Gubernur, hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi untuk memantapkan perencanaan-perencanaan, apa yang mesti dilakukan, bagaimana teknis kepanitiaan,” ujarnya usai melaksanakan rapat bersama PWI Kalsel di Kantor Gubernur Banjarbaru, Rabu (15/1).

Ia pun berharap HPN tahun 2020 kali ini dapat berlangusng lancar dan terselenggara dengan sukses.

“Saya optimis sesuai arahan gubernur kita dapat menjadi tuan rumah yang baik, dapat melaksanakan ini tentu dengan kebersamaan,” sebutnya.

Haris juga mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam melancarkan kegiatan nasional ini.

Ia mengaku dengan masyarakat turut terlibat menyukseskan ini, terlebih pengusaha perhotelan, pariwisata, apalagi tempat acara di Banjarbaru maka akan membuat jalannya peringatan HPN makin sukses dan dapat mendorong kemajuan sektor pariwisata.

“Pesan Gubernur tadi, bagaimana ini bisa berjalan baik dan berjalan sukses. Karena HPN bukan hanya saja milik insan Pers tetapi juga masyarakat kita,” ungkapnya.

Sementara Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie menghendaki para tamu undangan yang hadir di peringatan HPN seperti para Menteri dan pejabat negara lainnya.

“Kita akan melibatkan seluruh wartawan di daerah, nanti minta di Kabupaten/Kota tiga orang wartawan ikut serta meng-handle kegiatan ini selain pengurus PWI. Seperti misal setiap kegiatan di ULM itu ada tiga wartawan kita ikut terlibat,” terangnya.

Pada HPN nanti, Helmie menjelaskan akan ada tiga kegiatan pokok, yang pertama forum milenial dan investasi, yang kedua forum konvensi yang melibatkan Dewan Pers, Diskominfo, dan masyarakat Pers, dan yang ketiga puncak HPN.

Helmie menyebut kegiatan yang lainnya adalah kegiatan pendukung dari tiga kegiatan pokok ini.

“Yang terpenting itu ada dua kegiatan yaitu forum konvensi dan forum investasi, konvensi kepentingan dunia Pers bagaimana radio menghadapi era milenial, kalau investasi itu untuk kepentingan daerah,” kata Helmie.

Untuk persiapan sendiri dikatakan Helmie, PWI Kalsel sejauh ini sudah mencapai 80 persen tertangani, sekarang tinggal mengoordinasikan pemantapan untuk menyambut para tamu undangan yang tercatat ada 9 Menteri dan 20 Duta Besar siap hadir.

“Nah kita tinggal menghitung jamnya, tempatnya. Dikoordinasikan, penanggung jawab dari PWI Kalsel dengan pemprov dibagi bidangnya, rencana tanggal 6 Februari sudah ada yang hadir. Menteri yang tercatat akan hadir, Menkumham, Menkes, Men BUMN, Menteri Kominfo, Menteri PAN RB, dan lainnya, ditambah Staf Ahli Presiden,” pungkasnya.

Baca Juga: Rumah Banjar Angkat Bicara Soal Plt Bakeuda Kalsel

Baca Juga: Dandim Martapura Tinjau Lokasi TMMD di Desa Biih

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah