apahabar.com
Tim basket putra SMAN 7 Banjarmasin menerima tropi juara Iluni 86 Basketball Lesgue 2020 dari Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tuntas sudah gelaran Iluni 86 Basketball League 2020 yang diselenggarakan oleh para alumi SMAN 7 Banjarmasin angkatan 1986 di Suria Arena, Jalan AES Nasution Banjarmasin, Sabtu (25/1).

Pada partai pamungkas, di final tim basket putra antar pelajar sekolah tingkat atas, SMAN 7 Banjarmasin berhasil menaklukkan perlawanan SMAN 1 Banjarmasin dengan skor akhir 53-44.

Pada laga ini, pertarungan kedua kubu sangat menarik dan meriah. Pasalnya serunya permaian di lapangan, juga diiringi keriuah ratusan suporter kedua tim yang saling adu dukungan.

Kemenangan SMAN 7 itu bukan tanpa perlawanan. Sebab, di kuarter pertama Rainaldi Anshari dan kolega nampak keteteran. Bahkan sempat ketinggalan dengan skor 8-14.

Di kuarter kedua, SMAN 1 Banjarmasin masih mendominasi jalannya pertandingan. Namun SMAN 7 Banjarmasin mulai bangkit hingga terjadi kejar-kejaran angka.

Hingga di kuarter ketiga, pertandingan semakin seru, SMAN 7 mampu mengejar skor hingga jadi 33-33. Ini makin menambah riuh seisi gedung Suria Arena yang mampu menampung seribu penonton.

Memang dukungan suporter sangat mempengaruhi pada laga final ini. Suporter SMAN 7 yang membawa drum lengkap dengan atribut hitam, ternyata membuat tim asuhan Adang tersebut berhasil membalikkan kedudukan di kuarter terakhir.
SMAN 7 yang tampil trengginas berhasil menyudahi perlawanan SMAN 1. Diakhir lewat lay up Rainaldi, skor pun tuntas di angka 53-44.

Di sisi lain, memang SMAN 1 Banjarmasin mulai kelelahan di dua kuarter terakhir, sehingga kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh SMAN 7 Banjarmasin.

Usai laga, Rainaldi Anshari mengaku senang bisa mengalahkan perlawanan SMAN 1 Banjarmasin.

“SMAN 1 Banjarmasin ini dikenal dengan tim basketnya yang kuat, saya sangat senang dan bersyukur bisa mengalahkan mereka,” katanya kepada apahabar.com, Sabtu malam.

Siswa yang masih duduk di kelas 10 itu pun berharap timnya bisa menjadi juara di kompetisi-kompetisi berikutnya.

Sementara itu parti final lainnya yang digelar sejak pagi hari ini tadi, untuk kategori SMP, SMPN 6 Banjarmasin sukses menjadi juara usai menaklukkan SMPN 2 Banjarmasin, 58-52.

Kemudian di kategori putrinya, MTsN 6 Banjar (A) menggilas SMP Santa Maria Banjarmasin untuk jadi juara, berkat kemenangan telak 45-8.

Selanjutnya untuk kategori final SMA putri, kemenangan berhasil direbut SMAN 1 Banjarbaru setelah unggul dari SMAN 2 Banjarmasin 54-35. Mereka pun berhak membawa pulang tropi ke Kota Idaman.

Sedangkan dilategori perguruan tinggi, tim basket Fakultas Ekonomi Bisnis ULM Banjarmasin menang dari tim Uniska dengan skor 64-59.

Dengan kemenangan tersebut, para juara pertama berhak mendapat tropi dan uang pembinaan Rp10 juta. Sementara juara kedua masing-masing dapat tropi dan uang pembinaan Rp5 juta.

Pada laga ini hadir Kapolresta Banjarmasin Kombes Sumarto, Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi dan segenap alumni SMAN 7 Banjarmasin angkatan 86.

Daftar Juara Iluni Basketball League 2020

Kategori SMP/MTsN
Putra
1. SMPN 6 Banjarmain
2. SMPN 2 Banjarmasin
3. SMPN 1 Banjarmasin

Putri
1. MTsN 6 Banjar
2. SMP Santa Maria Banjarmasin
3. SMP Kanaan  Banjarmasin

Kategori SMA/MAN
Putra
1. SMAN 7 Banjarmasin
2. SMAN 1 Banjarmasin
3. SMAN 2 Samarinda

Putri
1. SMAN 1 Banjarbaru
2. SMAN 2 Banjarmasin
3. SMAN 1 Martapura

Kategori Perguruan Tinggi
Putra
1. Fakultas Ekonomi Bisnis ULM Banjarmasin
2. Uniska Banjarmasin
3. Fakultas Hukum ULM Banjarmasin

Baca Juga: Libur Imlek, Barito Putera Pesta Durian di Cempaka Hingga Ada yang Puyeng

Baca Juga: Terima Kabar PON XX 2020 Digelar di Papua dan Jawa Timur, Kadispora: Kalsel Siap…

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin