Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Masih Ada 122 Ribu Rumah di Kalteng Tak Layak Huni Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi

Serba-Serbi Gemerlap Festival Durian di Kiram: Mulai Luka-Luka Hingga Anak Hilang

- Apahabar.com Sabtu, 18 Januari 2020 - 14:39 WIB

Serba-Serbi Gemerlap Festival Durian di Kiram: Mulai Luka-Luka Hingga Anak Hilang

Ngadiyem (60) terluka akibat tertindih saat berebut durian. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Meski menempuh puluhan kilometer dan terjebak dalam kemacetan di bawah teriknya matahari. Tak menyurutkan semangat masyarakat untuk hadir dalam Festival Durian bersama Paman Birin -sebutan Gubernur Kalimantan Selatan- di Desa Kiram, Sabtu (18/1).

Sayang, meski jauh-jauh hari antisipasi telah dipersiapkan oleh jajaran Pemerintah Kalsel selaku penyelenggara. Tingginya antusiasme pengunjung, membuat petugas kewalahan untuk mengatur riuhnya masyarakat.

Usai dibuka secara resmi, Paman Birin langsung memberikan komando bagi puluhan ribu masyarakat yang telah menunggu sejak pagi untuk mencicipi durian yang tersaji di area khusus.

Pengunjung yang berada di area terdepan pun tak kuasa menahan keseimbangan badan sehingga terjatuh dan terinjak oleh pengunjung lain. Salah satunya, Ngadiyem (60) asal Pelaihari yang mengalami luka bengkak di kakinya.

“Waktu dikomando Paman Birin, semuanya langsung maju buat ambil duriannya,” ucapnya

Dalam pelaksanaan festival ini, tim medis telah bersiap siaga di sekitar area untuk melakukan penolongan pertama. Data yang dihimpun apahabar.com, 6 orang yang ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan 4 orang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel. Semuanya dalam kondisi pingsan akibat kelelahan.

Tak hanya perkara kesehatan, membludaknya masyarakat di area Kiram juga menyebabkan sejumlah orang tua terpisah dengan anaknya.
“Ada 3 orang anak yang kami temukan dan 3 orang tua yang melaporkan kehilangan anaknya,” ungkap Kepala BPBD Kalsel, Wahyuddin kepada apahabar.com

Selain mengumumkan secara langsung di atas panggung, tim BPBD Kalsel juga turun ke lapangan untuk bergerak menyebarkan informasi.
“Kami foto anaknya kemudian petugas berkeliling untuk mencari informasi. Mereka yang kehilangan rata-rata datang dengan kondisi sama-sama menangis,” bebernya

Sebanyak 43 ribu durian disediakan dalam gelaran ini. Pembagian disebar di beberapa titik untuk mencegah masyarakat untuk saling berebut. Namun tetap saja, masyarakat yang khawatir tidak kebagian berusaha maju dalam barisan lautan manusia.
“Ada juga yang kejatuhan durian dari truk waktu dibagi dan mengenai kepalanya,” ungkapnya

Menariknya tak hanya orang tua yang hampir kehilangan buah hatinya. Sepasang kekasih pun sempat saling terpisah dalam acara itu “Ada yang kehilangan pacar. Sempat mau kami antar juga, ternyata sama-sama melapor kehilangan lalu bertemu,” jelasnya mengakhiri

Baca Juga: Festival Durian Diserbu Masyarakat, Jalan Menuju Kiram Padat

Baca Juga: Pecah Rekor, Festival Durian Paman Birin di Kiram Berlangsung Meriah

Baca Juga: Festival Durian, Tahun Depan Hadirkan Juri Internasional

Baca Juga: Tiga Peloncat Indah Kalsel Lolos ke PON XX Papua

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pasang Spanduk Imbauan Untuk Pemudik
apahabar.com

Kalsel

Pemerintah Salurkan Bantuan BALASA Bagi Pelaku Pariwisata Kalsel
banjir pengaron

Kalsel

Meski Lambat, Banjir Pengaron Mulai Berangsur Surut
apahabar.com

Kalsel

Dari Karya Maju, Batola Menggagas Anggur Sendiri
Sabu di Dapur

Kalsel

Duh, Oknum Karyawan di Pelambuan Sembunyikan Puluhan Paket Sabu di Dapur
apahabar.com

Kalsel

Pegunungan Meratus Berstatus Geopark Nasional
apahabar.com

Kalsel

Izin Tempat Minuman Beralkohol Dipersempit
apahabar.com

Kalsel

Lawan Pandemi, Batola Mulai Genjot Jejangkit Ecopark
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com