apahabar.com
Bupati Tala Sukamta mencicipi durian Si Tangkai Panjang. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Kontes durian asli Tanah Laut berlangsung Senin (13/1) di depan Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Dinas Perkebunan Tanah Laut.

Dari 65 durian yang mengikuti kontes, Si Tangkai Panjang, durian asal Desa Bentok Darat, Kecamatan Bati-Bati menjadi jawara. “Selain manis yang khas, karena tebal durian ini mendapat point sempurna yakni 800,” ujar salah satu juri menilai Durian Si Tangkai Panjang.

Sementara pemilik pohon durian Si Tangkai Panjang, Toniansyah mengemukakan, durian ini hanya ada 1 pohon saja. Bahkan buahnya tak sebanyak durian lain. “Pada 1 pohon itu buahnya hanya biji,” ujar Toniansyah.

Adapun ciri khas yang dimiliki, kulit durian berwarna hijau, namun daging durian berwarna kuning dengan rasa legit. Daging durian cukup tebal. Terbukti, biji durian itu kecil dibandingkan durian yang lain.

Per biji, lanjut Toniansyah, Si Tangkai Panjang dijual Rp 40.000. “Saya terkejut bisa memenangkan lomba kontes durian ini. Sungguh Luar biasa tidak disangka bisa juara,” katanya.

Ia pun siap ikut Lomba Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalsel yang akan digelar di Kiram Park Banjarbaru Sabtu 18 Januari 2020 nanti.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Ir Ahmad Mustadi mengatakan, 9 Kecamatan kecuali Kurau dan Bumi Makmur ada kelompok dan perorangan yang menanam durian.

Dikatakanya lagi, ada beberapa durian unggulan buahnya belum matang, sehingga tidak bisa ikut kontes. Namun, ujarnya, yang juara kali ini memang durian unggulan.

Mustadi menuturkan, kontes durian ini merupakan yang kedua kali. Tahun sebelumnya digelar di Desa Tungkaran, Kecamatan Pelaihari.

Kenapa Kontes Durian Tingkat Kabupaten ini lebih awal? Tentu tujuannya untuk menyesuaikan lomba Kontes Durian Tingkat Provinsi di Kiram Park Banjarbaru Sabtu 18 Januari 2020.

“Yang juara inilah yang akan kita bawa dalam Lomba Kontes Durian Tingkat Provinsi, baik juara I, 2, 3 dan juara harapan. Peserta lain juga boleh berprestasi,” kata Mustadi.

Baca Juga: Tingkatkan Hasil Panen Durian Unggul, Sukamta Ingin Lakukan Rekayasa Genetika

Baca Juga: Pengamat: Kualitas Durian Banjar Tak Kalah dengan Durian Asia

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif