Geger! Jasad Pria Mengapung di A Yani Km 11 Kertak Hanyar Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya

Soal Natuna, PKS Puji Retno Tapi Kritik Sikap Lembek Prabowo

- Apahabar.com     Sabtu, 4 Januari 2020 - 14:15 WITA

Soal Natuna, PKS Puji Retno Tapi Kritik Sikap Lembek Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto-Antara/Ade Irma Junida

apahabar.com, JAKARTA – Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Kholid mendukung sikap tegas Menteri Luar Negeri atas klaim China terhadap Laut Natuna.

Di saat bersamaan, PKS juga menyayangkan sikap lembek Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang seolah menganggap enteng masalah kedaulatan bangsa.

“Pak Prabowo sebagai Menhan tidak boleh anggap isu kedaulatan sebagai isu yang enteng. Santai. Sikapnya harus tegas dan punya wibawa. Kalau lembek, santai-santai, maka bangsa ini akan semakin direndahkan oleh bangsa lain karena tidak punya keberanian dalam bersikap,” ujar Kholid dalam keterangan tertulis, Sabtu (04/01).

Kholid melanjutkan, pemerintah harusnya kompak memprotes keras kebijakan Tiongkok yang mengklaim sepihak kedaulatan wilayah Zone Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) di laut Natuna.

“Jika sudah menyangkut kedaulatan negara, Pemerintah harus bersikap keras dan tegas. Tidak boleh lembek. Meskipun kepada negara sahabat seperti Tiongkok,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia juga meminta agar Presiden Joko Widodo pun dapat bertindak tegas terhadap apa yang dilakukan oleh China. Karena sikap politik luar negeri Indonesia jelas terkait klaim ZEE di wilayah Laut Natuna dan Laut Tiongkok Selatan.

Indonesia berpegang teguh kepada hukum Internasional dalam UNCLOS 1982 dan keputusan pengadilan arbitrase PBB terkait klaim negara-negara di Laut Tiongkok Selatan.

“Presiden Jokowi harus bersikap jelas dan tegas. Tiongkok sebagai bagian komunitas internasional, harus menghormati norma dan hukum Internasional yang sudah menjadi kesepakatan bersama bangsa-bangsa di dunia” ucapnya.

Kholid menambahkan, ia sangat mengapresiasi respon tegas Menteri Luar Negeri yang langsung mengirimkan nota protes ke pemerintah Tiongkok sebagai komitmen serius Pemerintah Indonesia dalam menjaga kedaulatan wilayah negara.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Gelar Pertemuan Tertutup di Gedung Agung

Baca Juga: Ditawari Kader Prabowo, Denny Indrayana Masih Pilih-Pilih

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jalan Sering Banjir, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Layang di Kalteng

Nasional

Sabar Bu..DME Pengganti LPG untuk Masak Masih Butuh Waktu Panjang
apahabar.com

Nasional

Jelang Malam, Ratusan Pengungsi Wamena Tiba di Mimika
apahabar.com

Nasional

Penularan Corona Masih Berlangsung, Kemenkes Telusuri Kasus ‘Positif’ di Masyarakat
apahabar.com

Nasional

Haul Abah Guru Sekumpul Memang Fenomenal, Ini Faktanya
apahabar.com

Nasional

10 Ribu Personel Jaga Pleno KPU Saat Penetapan Capres-Cawapres
apahabar.com

Nasional

Surat Suara Tercoblos di Selangor, Bawaslu RI: Kejadiannya di Luar Kendali
Profil Singkat Bupati Probolinggo

Nasional

Kena OTT KPK, Berikut Profil Singkat Bupati Probolinggo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com