apahabar.com
Balangan Siaga Bencana. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Kabupaten Balangan termasuk wilayah rawan bencana banjir di Kalsel. Namun, sejumlah bencana lainnya juga rawan terjadi di Balangan.

“Selain banjir, kami juga mewaspadai longsor dan angin kencang, sehingga antisipasi secara dini perlu dilakukan,” ujar Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love, kemarin.

Langkah antisipatif dilakukan dengan menyebarkan spanduk dan baliho imbauan tentang titik rawan bencana di sejumlah titik di Balangan. Ia mengungkapkan ada 2 kecamatan yang rawan longsor yaitu Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

“Kepada masyarakat kami imbau agar lebih waspada dan berhati-hati selama musim hujan. Jangan terlalu banyak beraktivitas di luar rumah saat hujan ataupun angin kencang,” katanya.

Langkah lain yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana yakni dengan memperkuat koordinasi antar instansi dan pihak terkait. BPBD Balangan, misalnya, telah menyiapkan peralatan dan personel bersama TNI, Polri, Tagana serta instansi lainnya melalui pelaksanaan apel bersama beberapa waktu lalu.

Ia juga meminta masyarakat Balangan untuk menjaga dan memelihara lingkungan sekitar. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai.

“Bersihnya sampah akan meminimalkan terjadinya banjir dan juga membuat air cepat mengalir,” ujarnya.

Baca Juga: Sering Dilanda Bencana Alam, Pemkab Balangan Antisipasi Sejak Dini

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Puja Mandela