apahabar.com
Danlanal Kotabaru - Tanbu, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto saat mengecek kesiapan prajuritnya dalam penanganan bencana di daerah. Foto- Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, yang juga membawahi wilayah Kabupaten Tanah Bumbu memastikan prajurinya tanggap dalam penanganan bencana.

Karenanya, Danlanal Guruh pun terjun langsung mengecek kesiapan para prajuritnya di Kotabaru.

Di hadapan prajurit, Guruh menginstruksikan agar anggota Lanal dapat terlibat dalam penanggulangan bencana di wilayah kerja Lanal Kotabaru, dan Tanah Bumbu.

“Semua prajurit harus tanggap dalam penanganan dan penanggulangan bencana apabila terjadi. Senantiasa waspada, serta meminimalisir kerugian personel maupun kerugian materiil,” ujar dia kepada apahabar.com, Selasa (14/1).

Menurut Danlanal, berdasarkan Prosedur Tetap Tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Bencana (PKDB) di Lanal Kotabaru, dan dilandasi Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/555/VI/2018 tgl. 6 Juni 2018 tentang Doktrin TNI Tri Dharma Eka Karma mengenai OMSP.

Salah satunya, strategi penangkalan pada Operasi Membantu Menanggulangi Akibat Bencana Alam disekitar, serta dihadapkan dengan prakiraan cuaca yang perlu adanya kewaspadaan.

Lanal Kotabaru – Tanbu telah melakukan berbagai persiapan antara lain adalah menyiagakan prajurit Lanal termasuk sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Sarana tersebut meliputi 1 buah truk pasukan, 1 mobil ambulance, 1 mobil Patwal Pomal, 2 buah tenda pleton, 2 Unit Perahu karet, 4 Riding Buoy, dan 15 swimvest.

“Jadi, saya ingatkan kembali seluruh prajurit dapat menjalankan tugas maksimal. Jalin kerjasama yang baik, sehingga jerih payah prajurit dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” pungkas Danlanal Guruh.

Baca Juga: Cegah Bencana Alam, Polsek Angsana Tanam Pohon Buah

Baca Juga: Danlanal Berharap Prajurit Tertular Budi Luhur Habibie-Ainun

Reporter : Masduki
Editor: Fariz Fadhillah