Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Terbesar, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Festival Durian Murah di Banjar

- Apahabar.com Rabu, 8 Januari 2020 - 13:05 WIB

Terbesar, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Festival Durian Murah di Banjar

Festival Durian di Lokasi Objek Wisata Danau Tamiang, Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Rabu siang dijejali ribuan pengunjung. Foto-apahabar.com/Hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Festival Durian 2020 Kabupaten Banjar menyedot perhatian khalayak luas.

Digelar di Objek Wisata Danau Tamiang, Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Rabu (8/1) festival ini dihadiri oleh ribuan pengunjung.

Sebagaimana diketahui, festival ini juga melombakan kontes durian. Mulai dari kontes durian, gelar buah eksotik Banjar, dan Gelar Produk olahan berbahan durian.

Ada ratusan peserta mengikuti kontes durian. Sementara di luar lokasi acara, sepanjang jalan menuju lokasi banyak masyarakat yang menjual durian yang harganya sangat murah, yakni dari 10 ribuan.

Festival Durian Kabupaten Banjar dihadiri Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman, gubernur Kalsel yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H Farid, ketua DPRD Banjar, Kapolres dan Kodim Martapura serta SKPD lingkup Pemkab Banjar.

Festival ini, ujar Bupati Banjar KH Khalilurrahman, juga untuk mencari varietas durian lokal unggulan untuk diusulkan menjadi varietas unggulan nasional.

Selain itu, juga untuk memotivasi masyarakat petani dan produksi buah-buahan. Agar terus mengembangkan dan melestarikan buah-buahan unggulan lokal.

“Untuk diketahui, Kabupaten Banjar adalah penghasil buah durian terbebesar di Kalimantan Selatan,” klaim bupati yang kerap disapa Guru Khalil itu.

Semua patut bersyukur dan berbangga, lanjut bupati, lantaran banyaknya keberagaman durian lokal, sehingga beberapa varietas durian lokal di Kabupaten Banjar sudah diakui sebagai varietas unggulan nasional.

“Seperti Si Dodol, Si Jagung, dan Si Hijau,” tutur bupati.

Guru Khalil juga sudah mendaftarkan lagi 10 varietas komoditi durian ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI, untuk diproses sebagai varietas unggul nasional.

“Yaitu Bamban Birin, Dodol Mascinta, Gading Abirau, Idangan Biih, Hintalu, Panyangat Kuning, Kuning Janar, Gantang 88, Si Kolam, dan Si Penganten,” tandas Bupati Banjar.

apahabar.com

Festival Durian di Lokasi Objek Wisata Danau Tamiang, Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Rabu siang dijejali ribuan pengunjung. Foto-apahabar.com/Hendra

Baca Juga: Jelang Haul, Pencinta Guru Sekumpul di Kotabaru Bagi-Bagi Stiker

Baca Juga: Warga Geronggang dan Sembilang Kotabaru Kirim 7 Truk Kayu Bakar untuk Haul Guru Sekumpul…

Reporter: Ahc22
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Mudahkan Masyarakat Akses Informasi, Polresta Banjarmasin Gelar Warung Curhat Kamtibmas
apahabar.com

Kalsel

Kemenag Kalsel Gelar HAB Esok, Undangan Di-imbau Menyesuaikan Pakaian
apahabar.com

Kalsel

Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Polres HST dan Kodim 1002/Barabai Salurkan Beras pada Warga
apahabar.com

Kalsel

BPJS dan Pemkab HST Tekan Kerjasama UHC
apahabar.com

Kalsel

9 Pasangan Mesum dan 8 Wanita Diduga PSK Online Terjaring Razia
apahabar.com

Kalsel

Jalin Kebersamaan untuk Peningkatan Pelayanan, Wakapolda Kalsel Kunjungi DPRD Kota Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Ada Kecemasan PSBB Banjar-Bakula Adopsi Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com