apahabar.com
Sukamta saat menghadiri Kontes Durian Unggulan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Senin (13/01). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Sejumlah daerah di Kalsel sedang menikmati musim buah durian. Buah berduri tajam itu memang menjadi salah satu buah favorit masyarakat di Borneo.

Di Tanah Laut (Tala), potensi si raja buah tak kalah besar. Bahkan, Bupati Tala Sukamta menginginkan adanya rekayasa genetika terhadap durian jenis unggul.

“Dengan adanya rekayasa genetika, durian akan berbuah lebih banyak. Waktu panen durian juga dapat dilakukan setahun dua kali,” kata Sukamta saat membuka Kontes Durian Unggulan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Senin (13/01).

Peran serta masyarakat pun sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi untuk mewujudkan gagasan Sukamta. Menurut dia, jika rekayasa genetika dilakukan, para pemilik varietas durian unggul dapat lebih sejahtera, karena durian unggulan semakin dicari oleh masyarakat.

Upaya itu dilakukan Sukamta karena ia melihat potensi besar pengembangan durian di Tala. Ia menilai rasa durian di Tala terbaik di Kalsel.

“Dalam perjalanan dari Kaltim ke Pelaihari, saya belum menemukan durian terbaik seperti di Tala,” ungkapnya.

Baca Juga: Gandeng Maxwin Group, Tala Optimistis Jadi Pusat Perekonomian di Kalsel

Baca Juga: Hadiri Natal, Sukamta Ingin Umat Beragama Hidup Damai

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela