Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Trump Ceritakan Kronologi Serangan AS Tewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani

- Apahabar.com Minggu, 19 Januari 2020 - 15:36 WIB

Trump Ceritakan Kronologi Serangan AS Tewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani

Presiden AS, Donald Trump. Foto-merdeka.com

apahabar.com, FLORIDA – Presiden AS, Donald Trump mengetahui persis seperti apa kronologi serangan AS yang mematikan Jenderal Iran, Qasem Soleimani di Irak, 3 Januari lalu. Seperti apa kronologinya, diceritak Trump kepada donor partai Partai Republik, saat malam penggalangan dana di resort miliknya, Mar-a-Lago, Florida, Jumat (17/1) waktu setempat.

Trump bercerita, seperti dikutip dari cnnindonesia.com, Minggu (19/1), bahwa komandan militer AS yang memimpin serangan pesawat tak berawak itu secara langsung melaporkan kepadanya.

Trump mengungkapkan, berapa lama waktu yang tersisa bagi Soleimani dan rombongannya sebelum tewas.

“Kamera pengintai mengawasi bermil-mil di langit, hitungan mundur, dan kemudian boom!” kata Trump menceritakan saat-saat terakhir Soleimani tewas.

“Mereka (militer AS) berkata Pak Presiden, mereka (rombongan Soleimani) memiliki waktu dua menit dan 11 detik lagi. Mereka sedang berada di mobil lapis baja. Pak mereka punya waktu 30 detik, 10 detik, sembilan, delapan … lalu tiba-tiba boom!” tuturnya menambahkan.

Secara tersirat, Trump juga sempat mengatakan bahwa Soleimani semula tidak terkalahkan namun akhirnya takluk oleh serangan AS.

Pernyataan Trump itu terungkap dari sebuah rekaman suara yang bocor ke media, seperti CNN yang pertama kali menyiarkan rekaman pernyataan Presiden AS tersebut.

Dalam rekaman itu, Trump mengklaim Soleimani selalu mengatakan hal-hal yang buruk tentang Amerika. Dia juga mengklaim bahwa jenderal yang memimpin pasukan elit Garda Revolusi Iran itu berencana menyerang AS.

“Dia (Soleimani) berkata, ‘kami akan menyerang Anda. Kami akan membunuh orang-orangmu’. Saya berkata, ‘berapa banyak omong kosong yang harus kita dengarkan?” ucap Trump seperti dilansir AFP.

Trump sadar serangan AS itu mengguncang dunia. Di depan petinggi dan donor partai Republik, Trump mengakuinya.

Tapi menurutnya, Soleimani pantas menerima serangan tersebut atas dalih bertanggung jawab atas “pembunuhan ribuan orang Amerika”.

Tak ayal, tewasnya Jenderal Iran tersebut membuat hubungan AS-Iran memanas. Sebagai balasan atas serangan drone Washington tersebut, Iran meluncurkan belasan roket dan rudal ke sejumlah pangkalan militer kedutaan AS di Irak, beberapa hari kemudian.

Hanya saja, serangan Iran itu dikabarkan tak menimbulkan korban jiwa. Namun sedikitnya 11 personel AS terluka dan menimbulkan sedikit kerusakaan.(cnni)

Baca Juga: Tembak Jatuh Pesawat Ukraina, Iran Minta Maaf

Baca Juga: Pesawat Ukraina Jatuh Terkena Rudal, Presiden Iran: Kami Tak Sengaja

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Internasional

Siang Bolong, Rapper Mo3 Tewas Diberondong Senapan
apahabar.com

Internasional

Deteksi Covid pada Kemasan, China Hentikan Impor Makanan Laut dari Rusia
apahabar.com

Internasional

Politikus Denmark Berencana Terbitkan Ulang Kartun yang Diduga Menghina Nabi
apahabar.com

Internasional

Isyarat Palestina Batalkan Boikot Politik, Abbas Ucapkan Selamat ke Biden
apahabar.com

Internasional

Bank Sentral Eropa Perkenalkan Mata Uang Digital ke 19 Negara

Internasional

14 Negara, Termasuk Indonesia Nyatakan Komitmen untuk Pengelolaan Laut Berkelanjutan
apahabar.com

Internasional

Soroti Kasus Karikatur Nabi Muhammad, Ini Seruan PBB
apahabar.com

Internasional

Ada Apa Petinggi Facebook dan WhatsApp Resign?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com