Pembunuhan Veteran Banjarmasin, Rizki Dihabisi karena Hal Sepele Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Petir di Seluruh Wilayah Bantuan Korban Puting Beliung di Desa Penggalaman Martapura Barat Tiba Tabrakan di Panglima Batur, Pemotor Terperosok ke Kolong Mobil! BREAKING! Tim Macan Kalsel Tangkap Pembunuh Pemuda di Veteran Banjarmasin

Warga Limpasu Diminta Gunakan Pamsimas dengan Efektif

- Apahabar.com Rabu, 15 Januari 2020 - 15:56 WIB

Warga Limpasu Diminta Gunakan Pamsimas dengan Efektif

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pandiansyah memotong pita dan membuka air kran disaksikan Camat Limpasu beserta Muspika, koordinator Pamsimas, pambakal dan pejabat terkait di Limpasu, Rabu (15/1). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Proyek Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang berada di Desa Limpasu, Kecamatan Limpasu, baru saja diresmikan.

Terkait persemian itu, pemerintah daerah meminta warga Limpasu memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah daerah dengan efektif.

“Diharapkan masyarakat memanfaatkan air secara efektif dan efisien guna menunjang kebutuhan sehari-hari,” kata Bupati HST melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pandiansyah.

Dia menilai Pamsimas sangat tepat dibangun di Kabupaten HST, mengingat kultur desa yang banyak di pegunungan dan memiliki mata air independen.

“Kalau dikelola oleh Pemerintah Kabupaten atau PDAM tidak akan efisien, karena jaraknya yang berjauhan dan yang paling tepat adalah dikelola sendiri oleh masyarakat dengan sistem Pamsimas seperti ini,” katanya.

Camat Limpasu Abdi Sobari dalam laporannya menyampaikan sumber air Desa Limpasu diambil dari mata air gunung Titi dan tersambung sebanyak 130 rumah, ini melebihi target yaitu 50 rumah.

Sedangkan, Koordinator Pamsimas Kabupaten HST, Rosita Agusari mengatakan, di beberapa wilayah keberadaan Pamsimas terbukti mampu memutuskan mata rantai kuman dan mengurangi angka kematian hampir 50 persen terkait dengan penyakit diare dan penyakit yang ditularkan melalui saluran air.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan membuka air keran disaksikan Camat Limpasu Beserta Muspika, Koordinator Pamsimas, Pambakal dan Pejabat Terkait, Rabu (15/1).

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Direktur RSHD Barabai

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Baru Dilantik Jadi Direktur RSHD Barabai, Nanda Didatangi Wabup HST
HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dibangunnya RS Syifa Medika Kado Bagi Warga Bumi Murakata HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dongkrak Ekonomi Masyarakat HST, Puluhan Pengelola Wisata Ikuti Pelatihan
Tanah

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di HST, 510 Sertifikat Tanah Gratis Dibagikan ke Warga 5 Desa

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Gratis dari Jokowi untuk Warga
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dinilai Kooperatif, Bupati HST Apresiasi 17 Eks Peserta Ijtima Ulama
PPI HST Trauma

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Usai Dikukuhkan, PPI HST Trauma Healing Anak Korban Banjir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com