Wisata Pasar Budaya Rancah Mampulang Balangan Resmi Dibuka
Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida Kecamatan Paringin saat diresmikan Bupati Balangan H Ansharuddin. Foto-apahabar.com/Agus

apahabar.com, PARINGIN – Ada lagi satu lokasi tujuan wisata di Kabupaten Balangan yang menarik dikunjungi. Kali ini berupa Wisata Pasar Budaya Rancah Mampulang di Desa Balida, Kecamatan Paringin.

Di tempat ini tak hanya menyajikan pertunjukan kesenian daerah, melainkan juga beragam kuliner dan buah lokal yang ditawarkan.

Lokasi ini baru saja diresmikan Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa (21/1). Ansharuddin mengaku beragam kesenian dan kuliner yang ditawarkan memang luar biasa.

“Yang hebatnya belanjanya mengunakan koin atau racah. Dan bahkan juga dalam belanja tidak menggunakan bahan pelastik sangat terdasional,” ucapnya.

Dia menambahkan, sembari menikmati pertunjukan kesenian sambil menikmati kue has dan buah lokal itu jadi sesuatu yang menarik untuk dinikamati bersama keluarga.

Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang ini sendiri menggunakan dana desa. Yakni lewat dana pengelolan BUMDes dan sebagian bantuan perusahaan.

Ini merupakan inovasi dari masyarakat Desa Balida sendiri dalam mengembangkan potensi desa.

Wisata Pasar Budaya Rancah Mampulang Balangan Resmi Dibuka
Salah satu tarian lokal yang diperagakan dalam peresmian Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Selasa (21/1). Foto apahabar.com/Agus Suhadi.

Ansharuddin sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemdes dan masyarakat Balida.

Baik dalam hal melestarikan budaya juga membangun SDM dan ekonomi desa. “Mudah-mudahan hal seperti ini bisa juga timbul di desa-desa lain,” tutupnya.

Sementara itu External Relation Division Head PT Adaro Indonesia, Rizki Dartaman yang hadir diperesmian itu juga mengungkapkan pasar ini bisa jadi sebagai contoh desa lain.

Sehingga dapat dikembangkan lagi di desa lain dan pihaknya siap mensuportnya.

Dia mengungkapkan pihaknya akan memfasilitasi dalam hal infrastruktur maupun pelatihan terhadap pengembangan wirausaha yang ada di Kabupaten Balangan.

“Nanti kalau Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang ini berhasil, kita akan dikembangkan lagi ke desa-desa yang lainnya,” janjinya.

Baca Juga: Ditarget PAD Rp 750 Juta, Disperdagin Banjarmasin Curhat dengan Dewan  

Baca Juga: BPJS Banjarmasin Ngaku Minus Pendapatan Sumber Iuran Peserta

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin