2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

“1/4 Nanti & Kembali” Antar Penulis Banua Raih Penghargaan Islamic Book Award

- Apahabar.com Jumat, 28 Februari 2020 - 10:31 WIB

“1/4 Nanti & Kembali” Antar Penulis Banua Raih Penghargaan Islamic Book Award

Muhammad Kamal Iksan berhasil meraih penghargaan dalam ajang Islamic Book Award 2020 yang digelar di Jakarta, 26 Februari kemarin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pegiat literasi asal Kalimantan Selatan makin bersaing dan mampu menunjukkan kualitas karyanya di kancah nasional.

Baru-baru ini, Muhammad Kamal Iksan, penulis muda berusia 25 tahun asal Banjarmasin, berhasil meraih penghargaan dalam ajang Islamic Book Award 2020 yang digelar di Jakarta, 26 Februari lalu.

“Ini motivasi dan inspirasi buat semua. Generasi muda kita punya kemampuan, kapasitas dan daya saing yang bagus di kancah nasional maupun Internasional,” ucap Kamal saat dihubungi apahabar.com.

Karyanya berjudul “1/4 Nanti & Kembali”, terpilih menjadi buku fiksi terbaik kategori fiksi dewasa yang bersaing dengan ratusan naskah lainnya dari seluruh penjuru negeri.

Islamic Book Award merupakan event bergengsi yang memberikan apresiasi setiap tahunnya kepada para penulis dan penerbit buku-buku islami. Sebut saja, Ahmad Fuadi, Kang Abik hingga Tere Liye, beberapa penulis ternama yang pernah berpartisipasi dalam ajang ini.

“Ada banyak kategori tapi yang paling disorot yaitu fiksi dewasa. Karena biasanya yang juara tidak diragukan lagi kemampuan menulisnya,” beber mahasiswa Pascasarjana Universitas Al-Azhar Mesir.

Kamal memiliki nama pena Hangka, yang berasal dari perpaduan huruf dan angka. Seperti pada novel sebelumnya yang berjudul “5 Titik 1 Koma”. Kamal berupaya menyampaikan kata dan hikmah yang tersisip dalam rangkaian huruf dan kata.

Novel “1/4 Nanti & Kembali” bercerita tentang motivasi dalam kehidupan. Sebagai penulis, Kamal ingin menyampaikan bahwa akan selalu ada kesempatan, jalan dan waktu untuk berubah menjadi personal yang lebih baik lagi.

“Tentang banyaknya penyesalan. Karena mungkin kata maaf yang terlambat diucapkan atau terima kasih yang enggan diucapkan atau rasa peduli yang masih kurang dengan orang lain. Untuk kenikmatan-kenikmatan dunia, menghilangkan logika untuk lebih berfokus pada yang harusnya dikejar di akhirat tentang banyak hal,” ujarnya

Ikut berkompetisi dalam ajang Islamic Book Award, Kamal sempat tak menyangka karyanya dapat bersanding di antara ratusan penulis berbakat lainnya. Namun berkat banyaknya dukungan dari berbagai pihak, keraguan itu akhirnya terpatahkan.

“Gak ada niat khusus, bahkan penerbit saya sendiri tidak menyangka dan tidak percaya kita bisa mendapat penghargaan,” tuturnya

Tak hanya menulis, lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor ini rupanya memiliki talenta lain seperti bernyanyi, berpuisi hingga berdakwah.

Pada akun instagram pribadinya, Kamal memanfaatkan media sosial untuk mengajak generasi muda khususnya anak Banua dalam melakukan dan menyebar hal-hal yang positif.

Baca Juga: Dispersip Beri Penghargaan Penulis Tanah Bumbu

Reporter: Musnita Sari
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Beberkan Lokasi Calon Ibu Kota Baru di Kukar

Nasional

Baru Dibuka, KFC Kena Segel karena Prokes Covid-19
apahabar.com

Nasional

Suara Misterius Juga Terdengar Meraung-raung di Langit Semarang
apahabar.com

Nasional

Harimau Sumatera Muncul di Konsesi PT Api Bengkulu
apahabar.com

Nasional

Diguncang Gempa, Ratusan Rumah Rusak di Solok Terus Bertambah
apahabar.com

Nasional

Gempa M 5,7 Guncang Bengkulu, Warga Ketakutan
apahabar.com

Nasional

Gali Prosuder Seleksi Pejabat, KPK Tanya Mantan Sekjen Kemenag
apahabar.com

Nasional

Terbaring di Rumah Sakit, Begini Kondisi Terkini Ustaz Yusuf Mansur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com