2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

14 Hari Lagi Umrah Dibuka, Kemenhub: Nggak Ada Kabar

- Apahabar.com Sabtu, 29 Februari 2020 - 20:06 WIB

14 Hari Lagi Umrah Dibuka, Kemenhub: Nggak Ada Kabar

Ilustrasi jemaah umrah asal Indonesia di Bandara Soetta setelah gagal berangkat umrah ke Arab Saudi. Foto- Suara.com/Moh Fadil.

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal kabar pembukaan kembali perjalanan umrah dalam 14 hari mendatang.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, Pemerintah Indonesia belum mendapat kabar mengenai pembukaan perjalanan umrah kembali dari Pemerintah Arab Saudi.

Sejak 27 Februari lalu, Pemerintah Arab Saudi memang menghentikan sementara perjalanan umrah dan wisata demi mencegah penyebaran virus corona.

“Saya belum dapat kabar yang itu. Nggak ada 14 hari beritanya itu,” kata Novie seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (29/02).

Menurutnya, hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi baru mengumumkan penundaan penerbitan visa baru untuk perjalanan umrah dan wisata. Penundaan pun masih berlaku hingga waktu yang tak bisa ditetapkan.

“Jadi mereka menunda untuk menerbitkan visa baru, sama penerbangan setelah kemarin itu sudah nggak lagi. Sampai kapannya kita belum dapat berita. Belum ada,” tegas Novie.

Sebagai informasi, Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (SAPUHI) Syam Resfiadi menuturkan, saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang melakukan proses inkubasi untuk membuktikan apakah virus corona sudah merebak di negaranya. Proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 14 hari, terhitung sejak 27 Februari 2020.

“Iya insyaallah 14 hari sejak 2 hari yang lalu ya, insyaallah. Setelah masa inkubasi dari virus corona mereka perkiraan berada di sana sudah hilang. Insyaallah selama 14 hari itu kan pembersihan,” terang Syam.

Syam mengatakan, pihaknya pun sudah menginformasikan hal ini kepada para jemaah yang tertunda keberangkatan umrohnya. “Sudah,” ujarnya.

Syam menjelaskan, jika dalam 14 hari terbukti Arab Saudi negatif corona dan penerbangan dibuka kembali, maka jemaah yang batal umrah kemungkinan bisa diberangkatkan kembali.

“Tergantung kapan mendaftarnya. (Bisa berangkat jika) sejak 27 Februari 2020 sudah punya visa (umrah),” papar dia.(Dtk)

Baca Juga: Visa Ditangguhkan, Ratusan Jemaah di Kalsel Batal Umrah!

Baca Juga: Kebijakan Saudi Pusingkan Travel Umrah di Kalsel

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketika Penggali Kubur Dilantik Jadi Kepala Desa
apahabar.com

Nasional

Cara Mudah Mendeteksi Covid-19, Hanya dengan Mencium Dua Bau Ini
apahabar.com

Nasional

Hore! Listrik Gratis Diperpanjang Hingga September
apahabar.com

Nasional

Penembakan di Jatinegara Disebut Murni Tindakan Kriminal
apahabar.com

Nasional

Rommy Sebut Khofifah dan Kiai Asep Saifuddin Rekomendasikan Jabatan Kakanwil Jatim
apahabar.com

Nasional

Pemindahan Ibu Kota Negara, Inkindo Imbau Pemerintah Tekan Biaya
apahabar.com

Nasional

Muhammadiyah Tetapkan Iduladha pada 31 Juli
apahabar.com

Nasional

Tiga WNI di Kapal Diamond Princess Positif Tertular Virus Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com