Kabar Duka, Politisi Senior PKB Kalteng HM Asera Tutup Usia Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah! LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU

18 Ribu Orang Terancam Disiksa Meski Ahli Ibadah, Mengapa?

- Apahabar.com Kamis, 27 Februari 2020 - 05:45 WIB

18 Ribu Orang Terancam Disiksa Meski Ahli Ibadah, Mengapa?

Ilustrasi ahli ibadah. Foto:-dream.co

apahabar.com, JAKARTA – Menjalankan amar ma’ruf nahi munkar merupakan tanggung jawab bersama menyelamatkan masyarakat dari bencana. Membiarkan suatu kejahatan dan kemungkaran tanpa ada reaksi mencegahnya, berarti mengundang datangnya murka Allah SWT.

Mencegah dan memberantas kemungkaran yang dituntut dari seorang Muslim tentu dalam batas kekuasaan dan tanggung jawab setiap diri.

”Kamu adalah sebaik-baik umat, dilahirkan untuk (kemaslahatan) manusia, kamu mengajak kepada kebaikan, dan kamu mencegah dari yang mungkar, serta kamu beriman kepada Allah.” (QS Ali Imran: 110).

Ummul Mukminin Siti Aisyah berkata, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, ”Allah menyiksa suatu negeri berpenduduk delapan belas ribu orang, padahal mereka beribadah sebagaimana ibadah nabi-nabi.” Para sahabat bertanya sebabnya.

”Karena mereka tidak marah ketika ada orang merusak nama Allah, tidak menegakkan amar ma’ruf, dan tidak mencegah orang-orang yang berbuat munkar.” Imam Al Ghazali menukilkan riwayat ini dalam kitab Ihya’ Ulumuddin.

Untuk mencegah meluasnya kemungkaran, Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa di antara kamu melihat sesuatu yang mungkar hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, kalau tidak dapat maka dengan lisannya, dan kalau tidak dapat maka dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman.” (HR Muslim).

Mencegah kemungkaran dengan hati bukan berarti pasif dan apatis, tapi ada usaha yang aktif dan terbatas. Perlawanan hati nurani yang dibuktikan melalui sikap nonkooperatif terhadap kemungkaran, jika dilakukan berjuta-juta orang akan menjadi satu kekuatan.(Rep)

Baca Juga: Hendak Jebak Rasulullah, Bagaimana Nasib Abu Jahal?

Baca Juga: 4 Tipe Orang Tua Menurut Kisah Alquran, Anda Termasuk Mana?

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Rasulullah Meminta Hujan yang Tak Berujung Petaka
apahabar.com

Hikmah

Rahasia dan Manfaat Kurma Ajwa Favorit Rasulullah
apahabar.com

Hikmah

Ramadan Bulan Bersedekah
apahabar.com

Hikmah

Dakwah Digital Menyasar Kaum Milenial
apahabar.com

Hikmah

Ini Lafal Zikir Pagi dan Petang Seperti Dicontohkan Rasulullah SAW
Isra Mikraj

Hikmah

Isra Mikraj dan Kisah Turunnya Perintah Salat 5 Waktu
apahabar.com

Hikmah

Akhlak Buyut Rasulullah SAW Ketika Dituduh Mencuri
apahabar.com

Hikmah

Keutamaan dan Pahala Azan bagi Para Muazin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com