Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

30 Tahun Berjualan, Jali Bawa 300 Bungkus Apam di Haul Haji Maming

- Apahabar.com Sabtu, 8 Februari 2020 - 19:25 WIB

30 Tahun Berjualan, Jali Bawa 300 Bungkus Apam di Haul Haji Maming

Jali Apam saat berjualan apam Barabai di lokasi Haul Haji Maming bin Rahing ke-4. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

apahabar.com, BATULICIN – Sudah 30 tahun Jali berjualan apam. Karena pekerjaannya yang begitu melekat dengan dirinya, oleh teman-temannya ia mendapat tambahan gelar di belakang namanya.

“Panggil saya Jali Apam,” katanya, saat berbincang dengan apahabar.com.

Jali Apam tinggal di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pada Sabtu (08/02) sekira pukul 07.00, dia berangkat dari Barabai menuju Batulicin menggunakan mobil Colt L300. Dibandingkan lewat Banjarmasin, Jali lebih memilih melintasi jalur pegunungan Kandangan – Batulicin.

Jalur itu memang agak ekstrem. Dalam kondisi cuaca bagus, warga bisa menempuh jarak lebih cepat dibanding melalui jalur Banjarmasin. Tapi saat musim penghujan tiba, ruas jalan tersebut sering kali mengalami longsor.

“Tapi hari ini jalurnya aman,” kata Jali.

Setibanya di Batulicin pada pukul 13.00, Jali Apam langsung menuju ke kawasan Cappa Padang Batulicin. Ya, di sana memang sedang digelar acara Haul Haji Maming, tokoh dermawan yang sangat masyhur di Kota Batulicin.

Jali Apam tak pernah absen mengikuti Haul Haji Maming. Sejak haul pertama 4 tahun lalu, dia sudah berjualan apam Barabai. Pun begitu dengan Haul Haji Maming tahun-tahun berikutnya.

Hari ini, Jali membawa 300 bungkus apam Barabai yang dibungkus menggunakan daun pisang. Apam itu ia buat sendiri di rumahnya. Selain menjual apam, Jali juga membawa dodol asli Kandangan.

“Apam ini saya bikin sendiri,” kata Jali yang mengenakan kaos biru muda dan peci warna hijau.

Saat di panggung besar, orang-orang sedang membaca tahlil, Jali masih asyik melayani pembeli. Dia terlihat ramah. Satu bungkus apam ia jual Rp 10 ribu. Biasanya, ratusan bungkus apam ludes dalam satu malam.

Selain Jali, masih banyak warga Barabai lainnya yang menjual apam pada Haul Haji Maming. Sama seperti Jali, beberapa di antaranya juga tiba pada Sabtu sore. Mereka rata-rata menggunakan Colt L300 dan memilih jalur Kandangan – Batulicin.

“Saya tadi lewat Kandangan. Hari ini bawa 3 keranjang apam,” kata Acil Isna.

Haul Haji Maming memang menjadi momen berkah untuk para pedagang. Tak hanya pedagang apam dan dodol, banyak pedagang minuman, pakaian, dan poster-poster ulama yang memadati lokasi haul.

Ibad misalnya. Dia sengaja datang ke lokasi haul untuk berjualan poster beberapa ulama. Ada poster Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Syekh Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul dan sejumlah ulama lainnya.

Rangkaian Haul Haji Maming bin Rahing dimulai dengan salat magrib berjemaah yang dipimpin oleh Tuan Guru Fadlan. Kemudian dilanjutkan dengan salat hajat dipimpin oleh Tuan Guru Gafar.

Setelah melaksanakan salat hajat, acara kemudian dilanjutkan dengan doa haul dan tahlil, salat isya berjemaah, lalu dilanjutkan dengan pembukaan puncak Haul Haji Maming ke-4.

Baca Juga: Ribuan Jemaah Haul Haji Maming Ikut Salat Magrib Berjemaah

Baca Juga: Haul Haji Maming, Panitia Siapkan 20 Ribu Nasi Kotak

Baca Juga: Dampingi Cuncung, Tuan Guru Saifuddin Zuhri Berdoa di Makam Haji Maming

Baca Juga: Pejuang Banjar, Pangeran Hidayatullah Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Menyalurkan Zakat ke Lembaga Lebih Bermanfaat, Benarkah?
apahabar.com

Kalsel

Tanam 1.500 Bibit Pohon, Polres Batola Tebar Semangat Penghijauan
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Kalsel Cerah Hari Ini, Suhu Capai 35 Derajat Celcius
apahabar.com

Kalsel

Dear Korban Kebakaran di Patmaraga Kotabaru, Waspadai Sebaran Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Ikut Fun Rally, Paman Birin Banyak Dapat Hukuman
apahabar.com

Kalsel

RSUD Sultan Suriansyah Belum Full Layani Pasien BPJS
apahabar.com

Kalsel

Terkendala Fasilitas, Belajar Daring Tidak Diwajibkan di Tanah Laut
apahabar.com

Kalsel

Menuju New Normal, DPRD Banjar Minta Masjid yang Pertama Dilonggarkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com