apahabar.com
Banjir Bandang rendam puluhan rumah warga di Desa Lingsir RT.1 Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan. Foto - Agus Suhadi

apahabar.com, PARINGIN – Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Balangan merendam sedikitnya 20 rumah warga di desa Lingsir, Kecamatan Pringin Selatan.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Balangan sejak dini hari hingga pagi, mengakibatkan meluapnya sungai di kabupaten tersebut.

Aparat Desa Lingsir, Fauzi Ansari mengungkapkan banjir bandang mulai terlihat sekitar pukul 09.00 Wita.

“Banjir ini terjadi akibat air kiriman dari arah sungai, yang ada di Gunung Gampa atau dari arah Masjid Al Akbar Balangan,” tuturnya.

Menurut Fauzi, banjir bandang seperti ini selalu terjadi di tiap tahunnya. Jika hujan deras mengguyur wilayah Balangan dalam waktu lama, biasanya akan terjadi banjir.

“Tahun ini air tidak terlalu tinggi. Biasanya air naik ke rumah warga. Mungkin dikarenakan sudah dibangun siring sungai dengan ketinggian 25 meter, sehingga air tidak banyak naik ke daratan,” jelasnya.

Fauzi berharap, ada tindakan yang dilakukan pemerintah daerah dalam penanggulangan banjir bandang yang selalu terjadi di desanya.

Di lokasi banjir, Anggota Koramil Paringin Serda Setiadi Edndi mengatakan pihaknya bersama dengan kepolisian dan BPBD melakukan peninjauan ke lokasi untuk memastikan kondisi banjir.

“Banjir bandang ini tetap aman karena tidak ada yang air yang sampai naik ke rumah warga, rata-rata hanya setinggi mata kaki,” tuturnya.

Pihaknya akan selalu siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca Juga: Ratusan Hektare Padi di Anjir Baru Terendam Banjir

Baca Juga: Siaga Banjir, Personel Koramil Simpang Empat Terus Lakukan Pemantauan

Reporter; Agus Suhadi
Editor: Muhammad Bulkini