Baru Diresmikan, Jembatan Alalak Langsung Diserbu Warga Jokowi Blakblakan Alasannya Resmikan Langsung Pabrik Jhonlin di Tanah Bumbu Jokowi Resmikan Jembatan Alalak, Jalan Hasan Basri Kayutangi Macet Parah Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin

Batik Air Siap Evakuasi WNI dari Wuhan

- Apahabar.com     Sabtu, 1 Februari 2020 - 16:59 WITA

Batik Air Siap Evakuasi WNI dari Wuhan

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait (kanan) mengatakan pihaknya sudah mengoptimalkan persiapan pesawat A-330 Batik Air, dan sejumlah kru pesawat, yang akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan, China, Sabtu ini (01/02). Foto-Antara/Indra Arief

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan pihaknya sudah mengoptimalkan persiapan pesawat A-330 Batik Air, dan sejumlah kru pesawat, yang akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan, China, Sabtu ini.

Menurut Edward di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (01/02), prosedur evakuasi WNI melalui penerbangan sudah sesuai koordinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Perhubungan dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Seluruh kru pesawat yang berjumlah sembilan orang awak kabin akan mengenakan pakaian khusus selama penerbangan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan termasuk potensi tertular oleh virus Corona dari Wuhan. Jumlah kru tersebut, belum termasuk personel dari tim pilot.

Selain itu, lanjut Edward, pesawat rakitan Airbus ini juga memiliki fasilitas penyaring udara yang bisa mencegah virus apapun termasuk bakteri, hingga virus korona untuk masuk ke pesawat.

Setelah proses evakuasi selesai, seluruh kru akan menjalani observasi kesehatan. Pesawat yang telah digunakan juga akan dibersihkan dan tidak digunakan selama 14 hari.

“Pesawat ini dibersihkan, akan diberi disinfektan dan proses sterilisasi sekaligus perawatan dan dinyatakan bersih. Kru akan dimonitor, dan kalau mereka kembali, dipastikan bekerja tidak terbawa apapun,” katanya.

Edward menjelaskan penerbangan ke Wuhan pada Sabtu ini merupakan misi kemanusiaan. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub juga sudah memastikan proses evakuasi melalui penerbangan ini sudah berjalan sesuai standar operasional.

Total tim evakuasi berjumlah 42 orang yang terdiri atas unsur Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, TNI dan kru pesawat Batik Air.

Jumlah WNI yang akan dievakuasi dari Wuhan adalah 245 orang di tambah lima orang tim pendahulu (advance) dari pemerintah Indonesia. Sehingga total terdapat 250 WNI yang akan dievakuasi dengan pesawat Batik Air.(Ant)

Baca Juga: WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Akan Dikarantina di Pangkalan Milter Natuna

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Hadiri HPN 2020 Lebih Awal

Baca Juga: BMKG: Waspada 8 Wilayah Sesar Aktif Berpotensi Gempa Bulan Februari

Baca Juga: Sebelum ke Australia, Presiden Jokowi Hadiri HPN 2020 di Kalsel

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

ODP Klaster Gowa di Kalsel, Satgas Covid-19 Mulai Pelacakan

Nasional

Bikin Sedih, Awak KRI Nanggala 402 Menyanyikan Lagu Sampai Jumpa
Singgung Peristiwa 1965

Nasional

Singgung Peristiwa 1965, Megawati: Ayah Saya Dilengserkan!
apahabar.com

Nasional

Alasan Achmad Yurianto Punya Banyak Batik
apahabar.com

Nasional

6 Orang Meninggal Akibat Banjir Sungai Sempor, 4 Teridentifikasi

Nasional

Tak Cuma Baha’i, Yahudi dan Sunda Wiwitan Pun Dilindungi RI

Nasional

Bak Preman Pukul Bumil Saat PPKM, Sekretaris Pol PP Gowa Belum Diamankan
apahabar.com

Nasional

BPJAMSOSTEK Sudah Serahkan Data Calon Penerima Bantuan Subsidi Upah Gelombang Pertama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com