Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif

Bawaslu Palangka Raya Siap Pantau ASN Terkait Pilkada

- Apahabar.com Minggu, 2 Februari 2020 - 05:15 WIB

Bawaslu Palangka Raya Siap Pantau ASN Terkait Pilkada

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati (kiri) bersama komisioner bawaslu kota setempat. Foto-Antara/Rendhik Andika

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya siap melakukan pemantauan terhadap aparatur sipil negara yang ikut terlibat dalam pemenangan paslon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng 2020.

“Pengawasan kepada calon di antaranya adalah pemanfaatan fasilitas daerah, penyalahgunaan wewenang dan anggaran serta mobilisasi ASN. Ini salah satu yang menjadi perhatian khusus,” kata Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati, Sabtu (01/02).

Ketentuan netralitas ASN itu merujuk pada Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang.

Pasal 70 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016, pada ayat (1) secara jelas menyatakan bahwa dalam kampanye, pasangan calon dilarang melibatkan pejabat badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah, aparatur sipil negara, anggota kepolisian negara Republik Indonesia, dan anggota Tentara Nasional Indonesia, dan kepala desa, lurah dan perangkat desa atau sebutan lain atau perangkat kelurahan.

Pasal 71 ayat (1) menyatakan bahwa pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri dan kepala desa atau sebutan lain atau lurah, dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Sementara itu dalam ayat (2), disebutkan bahwa gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri.

Untuk itu, pihaknya pun akan melakukan pengawasan langsung dan melekat pada setiap tahapan Pilkada guna meminimalkan potensi pelanggaran pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

“Kami mengajak kepada semua komponen masyarakat untuk terlibat aktif mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020,” katanya.

Para bakal calon, pengusung dan pendukung pun diminta mematuhi aturan penyelenggaraan Pilkada dan dapat bertarung secara sportif dan bermartabat. Keberhasilan dan suksesnya penyelenggaraan Pilkada bukan hanya tanggungjawab penyelenggara negara akan tetapi tugas kita bersama.

Pada Pilkada Kalteng 2020 ini, banyak nama yang muncul ke publik serta berpotensi maju dan bersaing, baik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur. Selain Riban Satia, yakni petahana Sugianto Sabran, Abdul Razak, Nadalsyah, Ben Brahim, Sigit K Yunianto, Habib Ismail bin Yahya dan lainnya.(Ant)

Baca Juga: Sempat Ditahan di Palangka Raya, Jurnalis AS Akhirnya Bebas

Baca Juga: Meski Kekurangan Masker, Mahasiswa Kalteng di China dalam Kondisi Sehat

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Rutan Kelas IIB Kapuas Kalteng Segera Gelar Bazar Hasil Produksi Warga Binaan
apahabar.com

Kalteng

Dewan Palangkaraya: Segera Buka Posko Pengaduan THR!
apahabar.com

Kalteng

Dinsos Kapuas Salurkan BLT dari APBD Tahap II
apahabar.com

Kalteng

DPRD Desak Pemkot Palangka Raya Umumkan Formasi CPNS 2019
apahabar.com

Kalteng

Satu Warga Barut Kembali Dinyatakan Positif Covid-19
Gubernur Kalteng Perpanjang Tanggap Darurat Covid-19

Kalteng

Gubernur Kalteng Perpanjang Tanggap Darurat Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Dampak Banjir di Kobar, Banyak Piton Keluar dari Sarangnya
apahabar.com

Kalteng

Biadab! Tukang Pijat di Kapuas Sodomi Puluhan Bocah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com