Akhir Pekan Ini, Wisata Siring Banjarmasin Resmi Ditutup Lagi Dokter Kalsel Gugur karena Covid-19, IDI: Sudah 55 Terjangkit! Ibunya Reaktif Tes Covid-19, Bayi di Banjarmasin Meninggal Dunia Rapid Test di Banjarmasin Rp 500 Ribu, Dinkes Siapkan Sanksi Klarifikasi Oknum Dokter Banjarbaru Dugaan KDRT Istri Pertama




Home Tak Berkategori

Senin, 17 Februari 2020 - 17:22 WIB

Berdiri 2012, Nasib Unit Pengolahan Ikan Batola Kini

Redaksi - Apahabar.com

Ditargetkan mulai pertengahan 2020, aktivitas di Unit Pengolahan Ikan (UPI) Barito Kuala akan dikembalikan sesuai fungsinya. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

Ditargetkan mulai pertengahan 2020, aktivitas di Unit Pengolahan Ikan (UPI) Barito Kuala akan dikembalikan sesuai fungsinya. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Menempati posisi strategis di dekat Jembatan Rumpiang, ternyata tak membuat Unit Pengolahan Ikan (UPI) Barito Kuala dapat dimanfaatkan maksimal.

Selesai dibangun sejak 2012, UPI Batola tadi direncanakan sebagai tempat pengolahan ikan lokal untuk menjadi berbagai produk makanan.

Namun rencana tersebut tidak maksimal terealisasi, sampai akhirnya kini bangunan mulai ditutupi semak belukar lantaran hampir tak pernah digunakan.

Padahal lokasi bangunan terbilang strategis, karena berada di bawah Jembatan Rumpiang, tepatnya di kiri Jalan Bahaudin Musa dari arah Marabahan.

Pun peralatan yang tersedia cukup lengkap. Mulai dari mesin pemotong kerupuk, penghancur daging untuk membuat pentol, packing sosis, tempat pemanas dan pendingin.

Bahkan sebagian peralatan masih dalam bungkusan, karena belum terpakai sama sekali.

Untungnya sebelum bangunan lapuk tanpa memberi manfaat, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Batola mulai mengembalikan fungsinya tahun ini.

“Memang sejak selesai dibangun hingga sekarang, UPI Batola belum maksimal difungsikan,” sahut Kepala DKPP Batola, Rahmanuddin MS, Senin (17/2).

“Tetapi dalam APBD 2020, kami sudah berencana memfungsikan kembali fasilitas tersebut. Diawali pembuatan kolam pemancingan dan pembibitan mulai pertengahan 2020,” sambungnya.

Selanjutnya pemanfaatkan UPI berkorelasi dengan pembenahan pembibitan ikan gabus di Balai Benih Sungai Kambat.

“Memang sesuai Perbup Batola Nomor 57, ikan pipih yang dipilih menjadi produk lokal unggulan daerah. Namun demikian, pengembangan pipih perlu proses yang tidak sebentar,” tukas Rahmanuddin.

“Sementara proses berjalan, kami mengembangkan gabus. Terlebih Batola juga termasuk daerah pemasok gabus di Kalimantan Selatan,” sambungnya.

Berkaitan dengan UPI, gabus tidak dijual per kilogram. Tetapi sudah diolah menjadi ekstrak albumin, abon, kerupuk, amplang, pentol, sosis dan tepung.

Albumin sendiri merupakan salah satu jenis protein yang penting dalam proses penyembuhan luka luar maupun luka dalam pasca operasi.

“Selain menjadi makanan, albumin yang terkandung dari daging gabus menjadi senjata utama pemasaran ekstrak dari UPI Batola,” yakin Rahmanuddin.

Sementara sumber daya manusia pembuat produk-produk tersebut, DKPP Batola menugaskan tenaga honorer yang tersedia.

“Selain menambah pengalaman, keuntungan dari penjualan produk-produk itu bisa menjadi tambahan untuk mereka,” papar Rahmanuddin.

“Kami berusaha secepatnya merealisasikan rencana ini, karena ingin memanfaatkan momentum festival layang-layang internasional di Jejangkit,” tandasnya.

Baca Juga: Sambut Gerbang Ibu Kota Negara, PLN Stok Lahan di Batola

Baca Juga: Nyambi Jual Sabu, Seorang Buruh Ditangkap BNNK Batola

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Hingga Selasa, 71 Pasien Covid-19 Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet
apahabar.com

Tak Berkategori

Tak Tergeser, KH Hamdani Pimpin MUI Tapin untuk Ketiga Kali
apahabar.com

Tak Berkategori

Sampaikan Minal Aidin, Wapres Imbau Masyarakat Salat Ied di Rumah
apahabar.com

Tak Berkategori

Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Bagasi Lion
apahabar.com

Tak Berkategori

Dian Pramana Poetra Dimakamkan Seliang dengan Ayahnya
apahabar.com

Tak Berkategori

Pabrik Pengolahan Minyak Saudi Aramco Diserang Drone Al-Houthi
apahabar.com

Tak Berkategori

Mau Liburan dengan Jet Pribadi, Begini Cara dan Harga Sewanya
apahabar.com

Tak Berkategori

DKP3 Banjarbaru Akhirnya Angkat Bicara Soal RPH Gunung Kupang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com